Bentuk Tim Khusus, DLH Sebut Sampah APD Dari Luar Bogor

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Asnan. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor membentuk tim khusus, memburu siapa pelaku pembuangan limbah APD di Kecamatan Tenjo dan Cigudeg.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Asnan mengatakan, tim dibentuk karena perbuatan tersebut telah di atur dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman penjara minimal satu tahun dan maksimal tiga tahun dengan denda paling banyak sebesar Rp3 miliar.

“Kami sedang cari tahu siapa dan dari mana limbah itu berasal,” jelas Asnan.

Namun demikian, dia menduga jika sampah limbah APD tersebut berasal dari luar Bogor.

Kata Asnan dugaan tersebut besar kemungkinannya, karena berdasarkan keterangan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setiap fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor telah dilengkapi fasilitas pengolahan limbah medis.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk menelusuri penemuan limbah medis itu. Yang pasti limbahnya bukan dari Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Ade Yasin menegaskan jika Pemkab Bogor akan mengambil tindakan tegas jika pembuangan sampah limbah APD ini berasal dari rumah sakit atau puskesmas di Kabupaten Bogor.

“Kita cari dulu siapa pelakunya. Karena ini berbahaya,” tegas Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.