Belum Terima Gaji Dari Desember, Puluhan Karyawan PT DaeHeung Demo

Puluhan karyawan PT DaeHeung saat melakukan aksi demo. IST

GUNUNG PUTRI – Puluhan karyawan geruduk PT DaeHeung di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Kamis (20/6/2024). Aksi karyawan ini menuntut haknya yang beberapa bulan tidak dibayarkan.

Salah satu karyawan bernama panggilan Mina mengaku, gaji dari bulan Desember belum juga dibayarkan dan hanya janji yang mereka terima. Namun mereka tetap berharap ada kejelasan dan kepastian dari pihak perusahaan.

“Saya minta gaji saya yang bulan Desember, Januari, Maret sampai Mei, jangan hanya janji saja,” ungkap Mina kepada wartawan.

Padahal, kata dia, perusahaan yang bergerak di bidang garmen ini melalui HRD-nya pernah membuat janji di atas materai atas kejelasan gaji karyawannya tersebut.

“Janji-janji terus, pernah kita dijanjikan di atas materai akan tetapi sampai saat ini belum juga dibayarkan,” kesalnya.

Dalam aksi tersebut, mereka meminta agar perusahaan membayar gaji, karena dari uang tersebut para karyawan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Iyah, saya mana jauh dari Lampung ngontrak di sini sudah dua bulan belum menerima gaji,” katanya.

Sementara, Human Resource Management atau HRD PT DaeHeung Rizal mengatakan, pihaknya sedang berusaha membenahi nasib karyawan terkait gaji yang belum dibayarkan.

“Saya sedang berusaha membenahi karena saya orang baru di sini. Saya tidak bisa membereskan sekaligus, harus bertahap karena perusahaannya sedang kolep,” kata Rizal.

Ia juga melalui Karang Taruna Desa Cicadas memberikan waktu kepada para karyawan akan membayarkan gaji pada tanggal 10 Juli 2024 yang tertulis dan dibubuhi materai.

“Mungkin tadi yang saya janjikan dengan Karang Taruna juga, 10 Juli sudah detik terakhir akan dibereskan,” ungkapnya.

Mengenai status karyawan dan gaji karyawan di PT DaeHeung, ia menjelaskan, bahwa status karyawan di sini harian lepas, terkait gaji tidak bisa berani mengatakan.

“Status karyawan di sini harian, kalau masalah gaji, gak berani saya mengatakan di sini,” bebernya.

Disinggung Dinas Ketenagakerjaan sudah mengetahui apa belum permasalahan ini, ia menjelaskan, belum mengetahui. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.