Belum Lama Jadi Kades, Edi Sukarya Sukses Tata Infrastruktur dan Sampah

Kades Cimanggu Dua Kecamatan Cibungbulang, sukses melaksanakan pembangunan infrastruktur dan pengelolaan sampah. (Fahri | Pakar)

CIBUNGBULANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor baru saja menyelesaikan pembangunan tahap pertama program Samisade Tahun Anggaran 2023.

Proyek program Samisade ini dilakukan di dua lokasi kampung yaitu di Kampung Cisaeur dan Cimanggu Dua.

Kepala Desa (Kades) Cimanggu Dua, Edi Sukarya mengatakan, kedua proyek itu sudah dilakukan monev serta opname oleh pihak Pemcam Cibungbulang.

“Alhamdulillah sudah selesai, meskipun saat dikerjakan ada sedikit kendalanya yaitu kesulitan air sama akses masuk ke lokasi, karena masuk ke gang-gang kecil seperti yang di Cisaeur,” ungkap Kepala Desa Cimanggu Dua, Edy Sukarya.

Ia mengatakan, pasca penyelesaikan program tahap pertama, saat ini pihaknya tengah pengajuan tahap keduanya untuk menyelesaikan pembangunan sebelumnya.

Sekaligus melaksanakan pembangunan turap yang berada di Kampung Babakan Lapangan RT.02 RW.05, Desa Cimanggu Dua.

Selain program penataan pembangunan infrastruktur, Kades yang belum lama menjabat itu juga tengah melakukan penataan masalah sampah yang terjadi di beberapa wilayah perkampungan.

Beberapa hari sebelumnya, kata Kades, pihaknya telah mengajak warga untuk bergotong royong secara padat karya membersihkan saluran air atau kali yang tersumbat oleh sampah rumah tangga.

“Sekarang ini kami telah sediakan tong sampah yang tersebar di 2 RW yang memamg rawan sampah. Selokan atau saluran air yang sudah kita bersihkan itu kita tebar ikan. Warga tidak lagi buang sampah sembarangan. Alhamdulillah sudah 70 persen masalah sampah saat ini sudah tertangani,” tukasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.