Belajar Wirausaha Sejak Dini, Puluhan Siswa SDN Leuwinutug 01 Citeureup Ikuti Market Day

CITEUREUP – Puluhan siswa kelas VI (enam) di SDN Leuwinutug 01 Citeureup mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan melaksanakan kegiatan Market Day, pada Rabu (29/11/2023).

Hal itu disampaikan oleh Kepala SDN Leuwinutug 01, Supartini bahwa pihaknya sedang memberikan pembelajaran kewirausahaan melalui market day kepada 75 siswa kelas VI.

“Kita hari ini sedang mengimplementasikan P5 melalui kegitan market day dengan melibatkan 75 siswa kelas VI A dan VI B di SDN Leuwinutug 01,” katanya, pada Rabu 29 November 2023.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan Market Day kali ini bertema makanan dan minuman sehat olahan rumah.

“Market Day model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan peserta didik dalam produk nyata, dengan tema makanan dan minuman sehat olahan rumah yang diikuti dua kelas dan dibagi dalam 12 kelompok,” ungkapnya.

Sementara itu Guru Kelas VI A, Rostiana Dewi membenarkan bahwa saat ini dirinya tengah melaksanakan kegiatan Market Day dengan bertujuan untuk melatih kewirausahaan.

“Tujuan kita dalam kegiatan ini untuk melatih kewirausahaan (enterpreneur) terhadap peserta di didik di lingkungan sekolah, serta menumbuhkan dan menciptakan interaksi antar kelas,guru,wali murid dan masyarakat sekitar sekolah SDN Leuwinutug 01,” ucapnya.

Ia memaparkan untuk harga menu yang di jual berpariasi dalam kegitan Market Day yang diikuti 75 siswa di SDN Leuwinutug 01 di Kecamatan Citeureup ini bervariasi.

“Harga menu yang dijual bervariasi mulai dari seribu rupiah sampai lima ribu rupiah,” imbuhnya.

Senada dikatakan Guru Kelas VI B, Dwi Setyowardani bahwa tujuan pihaknya menggelar kegiatan Market Day supaya para siswa dapat mengenalkan dunia kewirausahaan.

“Tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengenalkan dunia kewirausahaan kepada anak didik saya. Dan saya turun senang ketika Anak-anak ikut senang, barang dagangannya semua laku terjual apa lagi mengajarkan kewirausahaan sejak dini,” ungkapnya.

Ia menuturkan untuk penilaiannya pun dengan melihat dari beberapa tahapan yang dimulai oleh para peserta didik dalam kegiatan Market Day.

“Untuk penilaiannya ada beberapa langkah-langkah, mulai dari persiapan proyek, perencanaan proyek, penyusunan waktu pelaksanaan, monitoring proyek dan evaluasi pengalaman,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.