BCC Catat Baru 1.181 Pekerja Terdaftar dari 240 Ribu Pengangguran di Bogor

CIBINONG – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor terus mensosialisasikan kepada para perusahaan untuk memberikan laporan lowongan kerja melalui Bogor Career Center (BCC) guna mengatasi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Bogor.

Sub Kordinator Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Bogor, Retno Pangestuti Widianti menyampaikan Bogor Career Center (BCC) telah dibentuk sejak tahun 2019 dan tanggal 26 Desember 2021 telah diresmikan oleh Bupati Bogor.

“BCC ini dibentuk tahun 2019 dan 26 Desember 2021 diresmikan sebagai sarana pendukung pelayanan ketenagakerjaan di Kabupaten Bogor dengan menjadikan ruang pelayanan AK-1 sebagai pusat layanan informasi dan menjadi daya tarik minat masyarakat untuk mengunjungi BCC,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa anggaran operasional Bogor Career Center (BCC) tersebut berada di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) atau APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) yang dimana setiap tahun itu ada untuk pemeliharaan dan pengembangan.

“Dari tahun 2021 itu kita baru melakukan pengembangan dengan menggunakan aplikasi BCC melalui aplikasi berbasis web dan android lalu kita juga meminta pihak perusahaan untuk memberikan laporan data saat akan membuka lowongan kerja agar kita dapat mengatasi salah satu masalah pengangguran yang ada di Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Senada dikatakan Sub Koordinator Peluasan Kerja Disnaker Kabupaten Bogor, Yadi Refeliadi perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor sangat sulit memberikan informasi data saat akan ada lowongan kerja.

“Alasan mereka tidak memberikan informasi dikarenakan kita bukan salah satu wewenang untuk melakukan pengawasan dan masih minim pengetahuan dari mereka, sehingga kita terus menggencarkan sosialisasi kepada HRD perusahaan untuk melakukan pembinaan,” ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa wilayah Cileungsi, Gunung Putri masih banyak perusahaan yang tidak memberikan informasi saat akan membuka lowongan pekerjaan.

“Kita mendata ada 4.700 perusahaan yang telah terdaftar di Kabupaten Bogor melalui BCC tetapi kita terus memaksimalkan untuk meminta mereka memberikan informasi saat membuka lowongan pekerjaan, karena rata-rata dilulusan SMK sederajat yang dapat mendaftar BCC dengan persyaratan memiliki KTP dan berdomisili Kabupaten Bogor,” terangnya.

Tak hanya itu ia telah mendata baru 1.181 pekerja dari 240 ribu angka pengangguran di Kabupaten Bogor yang telah terdaftar menjadi Bogor Career Center (BCC) Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Bogor.

“Kita mendata dari tahun 2021 sampai Agustus 2022 itu yang sudah ditempatkan 1.181 pekerja dari 5 juta jiwa penduduk, Kalau jumlah penganggur itu sekitar 280.000 ribu saat pandemi tetapi sekarang sudah menurun menjadi 240.000 ribu, tapi insyallah dengan sosialisasi akan cepat terserap pengangguran ini,” paparnya.

Ia juga menambahkan untuk lulusan SMK biasanya ditempatkan dibagian operator serta teknisi lalu akan dilatih melalui beberapa perusahaan yang ada Balai Latihan Kerja (BLK).

“Cuman ada beberapa perusahaan yang sudah MoU dengan disnaker lalu mempunyai tempat tinggal dan kemarin ada beberapa perusahaan yang di test lalu perusahaan tersebut yang menggandeng juga Blk, dengan latihan menjahit,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.