Bawaslu Jabar Susun Pedoman Sidang Sengketa Pemilu Berbasis Daring

Forum diskusi pembahasan rencana penyusunan pedoman sidang sengketa Pemilu berbasis daring di Kantor Bawaslu Kabupaten Bogor. IST

CIBINONG – Bawaslu Jawa Barat (Jabar) sedang menyusun petunjuk teknis (juknis) penyelesaian sengketa pemilihan umum (pemilu) berbasis daring atau virtual. Hal itu dilakukan menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jawa Barat, Yulianto mengatakan, rencana tersebut disusun karena hingga saat ini belum ada yang mengetahui kapan pandemi ini berakhir.

Sementara tugas-tugas penyelesaian sengketa oleh Bawaslu masih terus berjalan. Selain upaya penegakkan keadilan, keselamatan masyarakat juga menjadi hal yang wajib terpenuhi.

“Kegiatan ini diinisiasi Bawaslu Jabar untuk merespon perkembangan situasi pandemi dan mengantisipasi seandainya ke depan ada kondisi yang memang tidak memungkinkan penyelesaian sengketa dilakukan secara tatap muka,” kata Yulianto, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, meski rencana tersebut pun belum diketahui kapan bisa diberlakukan, namun rencana yang dibahas dalam forum diskusi bersama dengan sembilan Bawaslu Kota/Kabupaten di Jawa Barat kemarin itu, merupakan langkah persiapan kebutuhan dasar hukum atau regulasi rencana tersebut.

Tujuannya, kata dia, agar saat pelaksanaan penyelesaian sengketa secara daring nanti ada keseragaman di setiap kabupaten/kota.

“Ini penting agar dalam proses daring ini selain seragam, teman-teman juga tidak kehilangan konten substansi untuk membuat putusan yang objektif. Sekarang kita susun dulu kebutuhan-kebutuhan apa saja yang biasa diperlukan untuk penyelesaian masalah secara daring, terutama terkait dengan fasilitas, kesiapan SDM dan hukum beracaranya barangkali harus ada yang disesuaikan,” jelasnya.

Setelah dibahas dalam forum, hasil tersebut akan disusun Bawaslu Jabar dan akan dilaporkan ke Bawaslu RI sebagai masukan dalam proses penyusunan regulasi. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.