Bawaslu Beri Pendidikan Politik Pada Pemilih Pemula Jelang Pemilu

Bawaslu Kabupaten Bogor saat memberikan pendidikan poltik pada pelajar SMA sebagai pemilih pemula. IST

CIBINONG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bogor, memberikan pendidikan dan pemahaman politik kepada para pemilih pemula atau pelajar tingkat SMA sebagai persiapan Pemilu 2024.

“Jadi menjelang pemilu 2024 kita memiliki kegiatan tahapan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan persiapan pengawasan kepada pemilihan pemula yang salah satunya peserta didik,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhan, kepada PAKAR, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, sebagai pemilih pemula, pelajar SMA negeri usia 17 tahun harus memahami bagaimana cara memilih calon pemimpin tanpa pengaruh dari pihak manapun.

“Karena tahapan KPU itu ada penyusunan pemilih berkelanjutan dan memiliki update untuk memilih. Lalu para pemula juga yang tadinya tidak terlalu paham dan setelah kita beri pemahaman atau masukan, maka mereka pun dapat berfikir, saya akan memilih ini loh,” jelasnya.

Burhan berharap pendidikan politik ini bisa memberikan pencerahan kepada para pemilih pemula untuk menentukan nasib bangsanya saat memilih calon pemimpin.

“Ya saya berharap generasi mendatang jangan sampai salah memilih dan nantinya malah menghancurkan demokrasi,” tandas Burhan. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.