Bapenda Cianjur Gelar Vaksinasi Booster Pertama

Salah satu warga yang mengikuti vaksinasi booster dari Bapenda Cianjur. Esya | Pakar

CIANJUR – Sebagai upaya menangkal penyebaran Covid-19 varian Omicron dibidang pelayanan, ratusan pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cianjur mengikuti program vaksinasi booster di aula gedung Bapenda Kabupaten Cianjur, Jumat (25/2/2022).


Kepala Bapenda Kabupaten Cianjur H Komarudin mengatakan, ada sebanyak 129 orang pegawai yang terdaftar sebagai peserta vaksinasi booster. Namun berdasarkan hasil screening, hanya 90 pegawai yang lolos dan dapat divaksin.


“Vaksin hari ini hanya diikuti 90 orang karena banyak yang tidak lolos screening. Sedangkan, bagi pegawai yang belum lolos bisa mengikuti di tempat lain,” kata Komarudin kepada wartawan usai divaksin.

Kendati demikian, Komarudin mengaku, Bapenda salah satu Organsasi Perangkat Daerah (OPD) pertama di Kabupaten Cianjur yang melaksanakan vaksinasi booster lantaran Bapenda merupakan OPD dibidang pelayanan.

“Saya ingin menjamin seluruh masyarakat yang melakukan koordinasi dan konsultasi terlayani dengan lancar dan aman dari sisi kesehatannya, dan menjauhkan dari potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron,” terangnya.


Pelaksanaan vaksin tersebut, lanjutnya, bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur yang sudah diusulkan sejak beberapa pekan lalu.

“Tadinya vaksinasi mau dilaksanakan hari Jumat pekan lalu. Tapi kami agendakan hari ini, kebetulan ada libur panjang Isra Mi’raj,” ujarnya.

Menurut Komarudin, pemanfaatan libur panjang untuk dilakukan vaksinasi sangat tepat sekaligus untuk mengantisipasi jika terjadi efek samping setelah divaksin.

“Kalau ada efek sampingnya, tentu mereka bisa istirahat dengan waktu yang cukup, apalagi sedang libur panjang,” imbuhnya.


Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal menuturkan, sebelum divaksin kalangan ASN sudah dilakukan screening dengan cara tes swab antigen. “Screening dilakukan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. Di tingkat kecamatan pun kita lakukan screeningnya,” singkatnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.