Banyak Masalah di Bidang Agraria, RUMPUN Cianjur Temui Rumah Aspirasi Anggota DPR RI Irwan Ardi Hasman

CIANJUR – Ketua Rumah pergerakan untuk negeri ( RUMPUN) Kabupaten Cianjur, Sodik melakukan kunjungan ke Rumah Aspirasi Anggota DPR RI Komisi 2 Fraksi Gerindra Ir. H. Irwan Ardi Hasman di jalan raya Bandung, Kecamatan Karangtengah, Kamis 08/04/2021.

Kunjungan tersebut tidak lain untuk silaturahmi dan mengadukan aspirasi tentang Agraria yang ada di Kota Santri. “Ini aspirasi dari Masyarakat, mereka mengeluhkan tentang permasalahan agraria yang terkesan sulit selesai,” kata Ketua Rumpun Cianjur, Sodik. Sodik menjelaskan, masyarakat kerap mengalami masalah dalam pendaftaran program pembuatan sertifikat tanah sistematis lengkap (PTSL) serta biaya yang tidak sesuai. Sedangkan menurut aturan SKB 4 Menteri dan proses pembuatan yang memakan waktu lama.

“Biaya yang mahal dan tidak sesuainya kebijakan pemerintah membuat warga mengeluh. Padahal dalam aturan biaya pembuatan PTLS hanya Rp 150 ribu, tapi kenyataan dilapangan banyak Desa yang meminta lebih, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 350 ribu. Namun, penyerahan setifikat banyak terlambat diterima warganya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Rumah Aspirasi Ir. H. Irwan Ardi Hasman, Dwi Prasetya mengungkapkan, pihaknya menyambut dan menampung aspirasi yang menjadi permasalahan di masyarakat. “Kami menerima aspirasi warga dan akan mendampingi menyelesaikan permasalahan terkait Agraria yang menyimpang di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Menurutnya, aspirasi tersebut memang sesuai bidang kerja H. Irwan Ardi Hasman dari komisi 2, yaitu luang lingkup kementrian pertanahan dan agraria. “Kami akan tampung dan akan di Koordinasikan dengan BPN Kabupaten Cianjur, supaya dapat selesai serta mendapat solusinya,” kata dia. Sayangnya, Pihak BPN Kabupaten Cianjur sampai saat ini belum memberikan tanggapannya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.