Banyak ‘Mantan’ Berebut Posisi Direksi PPJ, Mulai Mantan Dirum, Mantan Ketua KPU, Mantan Ketua KNPI Sampai Mantan Ketua Parpol

Hanafi. IST

BOGOR – Pendaftaran seleksi direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor priode 2024-2029 telah ditutup pada Selasa 13 Februari 2024 pukul 23.59 WIB.


Total ada 13 orang peserta yang mendaftar dari mulai direksi sebelumnya, internal PPJ, mantan ketua KPU Kota Bogor, mantan ketua KNPI, mantan ketua partai dan kalangan profesional.


Untuk tahapan UKK kali ini Panitia Seleksi (Pansel) akan menghadirkan satu orang ahli dari Perumda Pasar Jaya atau dari Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo).

Informasi yang dihimpun, nama pendaftar ada direksi sebelumnya yaitu Dirum Jenal Abidin. Kemudian ada juga untuk dari internal Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor ada nama Manager Usaha dan Jasa Dr. Abdul Haris Maraden, Manager Hukum yaitu Sulhanudin, Manager Teknik Pembangunan & Pemeliharaan Ruly Indrawan dan Kanit Pasar Induk TU Kemang Iwan Arief Budiman.


Disusul nama-nama tokoh muda Kota Bogor ada nama Subhan Murtadla mantan Ketua PBB Kota Bogor, Hasbulloh mantan ketua KNPI dan Samsudin mantan ketua KPU Kota Bogor.


Dari kalangan profesional ada Bangua Togu Tambunan yang merupakan advokat, Farulian selaku direktur utama PT. Saila Multi Perkasa Group, Aldino Novianto Subagio yang masih menjabat Kanit Pasar Cileungsi Perumda Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, Hariyono yang masih menjabat Direktur Operasional (Dirops) Perumda Pasar Joyoboyo dan satu-satunya wanita yang mendaftar Dina Fajrina yang berprofesi konsultan Pajak dan Keuangan.


Ketua Pansel direksi Perumda PPJ Kota Bogor, Hanafi menuturkan, hingga pendaftaran ditutup tadi malam, total terakhir yang daftar itu ada 13 orang peserta. Untuk kali ini, pendaftaran direksi saja. Tidak spesifikasi pendaftaran seleksi direksi priode sebelumnya yang sudah ada pendaftaran ke Direktur Utama (Dirut), Direktur Umum (Dirum) dan Direktur Operasional (Dirops).


“Ya, sekarang hanya direksi saja, yang menentukan nanti posisinya adalah Wali Kota Bogor selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM). Kami juga belum mengetahui apa berdasarkan nilai atau apa pertimbangannya,” ungkap Hanafi, Rabu (14/2/2024).


Hanafi menerangkan, apabila tidak datang dan kurang persyaratan maka dipastikan tidak lolos seleksi administrasi. Setelah itu digelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), psikotes tanggal 22 Februari, ada ujian tertulis keahlian dan pembuatan makalah 23 Februari.


“Pada 29 Februari presentasi makalah dan wawancara. Lalu tanggal 1 Maret, pengumuman hasil UKK dan diserahkan nama calon hasil seleksi kepada kepala daerah. Wawancara akhir tanggal 4 Maret 2024 dilanjutkan dengan penetapan calon terpilih. Tanggal 5 Maret 2024 dilakukan penandatanganan kontrak kinerja dan surat pernyataan,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Setda Kota Bogor, Dewi Kurniasari mengatakan, hingga 13 Februari 2024 sore, sudah ada 11 orang pendaftar seleksi direksi Perumda PPJ Kota Bogor. Kemudian disusul dua orang pendaftar pada malam hari yaitu Direktur Umum (Dirum) Perumda PPJ Kota Bogor sebelumnya Jenal Abidin dan mantan Ketua KPU Kota Bogor Samsudin.


“Ya pak Jenal Abidin mendaftar dan ada mantan Ketua KPU Kota Bogor Samsudin yang keduanya daftar pada malam hari sebelum pendaftaran ditutup pukul 23.59 WIB. Kami pukul 24.00 WIB sudah menutup pendaftaran. Total ada 13 orang pendaftar yang kemudian nanti dilakukan verifikasi faktual administrasi,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.