Banyak Lansia Belum Mau Divaksin, Ini Penjelasan Dokter Zen

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dokter Zen. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Program Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Bogor, masih sangat minim. Dari 339.958 sasaran, baru 42.457 orang yang telah menjalani penyuntikan vaksin.

“Sekarang 42.457 lansia sudah vaksin dengan status 24.785 vaksin dosis satu dan 17.672 vaksin dosis dua,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Achmad Zaenudin, Rabu (28/4/2021).

Namun menurutnya, data vaksinasi tersebut merupakan catatan per hari Senin 26 April 2021. Saat ini, kata dia, program Vaksinasi Covid-19 yang menyasar Lansia masih terus berjalan, termasuk untuk para tenaga pendidik di Kabupaten Bogor.

Hanya saja, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang dijalankan di Bulan Ramadan ini dilaksanakan setengah hari.

“Vaksinasi Covid-19 termasuk untuk massal masih kita laksanakan hanya saja ada penyesuaian saat bulan Ramadhan ini. Jam nya berkurang, tadinya bisa sampai menjelang Magrib sekarang setengah hari,” ungkap dokter Zen, begitu pria ini disapa.

Di samping itu, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang diprioritaskan untuk lanjut Lansia dan tenaga pendidik ini, juga tergantung daripada persiapan atau jumlah penyuntikan vaksin untuk peserta.

Kata dia, jumlah peserta vaksinasi harus terlebih dulu dipastikan mengingat vaksin yang ada merupakan multi dose atau dosis ganda.

“Misalnya di Puskesmas, vaksinnya kan multi dose dimana satu vial vaksin itu untuk 10 orang. Jadi pesertanya juga harus kelipatan 10,” jelasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.