Banyak APK Dipasang di Aset Negara, Bawaslu Lakukan Hal Ini

Anggota Bawaslu Kabupaten Bogor sedang menertibkan APK di kawasan Sentul, Babakan Madang. IST

BABAKAN MADANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor kembali melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) di kawasan Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Rabu (10/1/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin mengatakan, pada hari ketiga Bawaslu melakukan penertiban dari mulai wilayah Cibinong hingga Babakan Madang.

Alat peraga kampanye yang ditertibkan ini karena telah melanggar titik lokasi. “Ini kan kawasan tertib lalulintas yang diatur Perda 6 dan Perda 4,” ujar Ridwan saat ditemui di lokasi, Rabu (10/1/2024).

Selain itu, atribut kampanye yang saat ini ditertibkan juga karena pemasangannya di tempat yang dilarang seperti berada di aset negara. “Di jembatan, tiang listrik, pohon itu kan dilarang,” ucapnya.

Selama tiga hari, kata dia, sudah hampir tiga truk APK yang berhasil ditertibkan. “Kalau jumlahnya masih kita sortir dulu yang pasti sudah hampir tiga truk,” terangnya.

Dari upaya penertiban APK selama tiga hari ini belum ia temukan adanya APK yang dirusak.”Ini karena melanggar titik lokasi dan penggunaan aset negara saja,” imbuhnya.

Soal perusakan, Bawaslu baru bisa menindak ketika sudah ada laporan dan bentuk formil dan materil.

“Formilnya yang mengadukan siapa dan yang diadukan siapa, karena perusakan alat peraga ini bisa dipidana, dan pidananya juga dua tahun penjara,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, Bawaslu juga telah memproses dugaan pelanggaran kampanye di Parungpanjang. “Caleg Bro Ron,” pungkasnya.

Sementara, pantauan wartawan di lapangan, banyak fasilitas milik negara dijadikan tempat pemasangan APK, seperti di pohon dan jembatan.

Selain itu, pemasangan alat peraga juga terlihat membuat wilayah menjadi semerawut karena dipasang tidak beraturan. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.