Bantu Atasi Pengangguran, PHRI Berkolaborasi Dengan UPTD BLK Kota Bogor

Ketua PHRI Kota Bogor Yuno Abeta Lahay bersama Kepala UPTD BLK, Enjang Nurjaman, saat melihat ruangan pelatihan di UPTD BLK, Selasa (20/4/2021). Syarif|Pakar

BOGOR – Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor akan melakukan penjajakan kerjasama dan kolaborasi dengan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Bogor. Hal tersebut dikatakan Ketua PHRI Kota Bogor Yuno Abeta Lahai ketika melakukan kunjungan ke kantor UPTD BLK di Jalan Pahlawan, Kecamatan Bogor Selatan, Selasa (20/4/2021).

Yuno menjelaskan, UPTD BLK ini merupakan fasilitas dari pemerintah untuk warga Kota Bogor yang belum memiliki pekerjaan atau bahkan pernah memiliki karena adanya pandemi jadi kehilangan pekerjaan. “Kami dari industri tentu memenuhi janji dengan Kadisnaker Pak Elia Buntang. Kita lihat kebutuhan UPTD BLK itu seperti apa yang bisa dikerjasamakan dengan PHRI. Karena kita sadar bahwa di industri kita hotel dan restoran tetap membutuhkan tenaga kerja dimana tenaga kerja itu harus yang kompeten dan siap,” jelasnya.

Kedepan, lanjut Yuno, kerjasama dengan PHRI bisa menjembatani yang mengikuti BLK untuk ditempatkan di perusahaan sesuai keahliannya, meskipun saat ini PHRI juga sudah melakukan kerjasama dengan SMK atau institusi lain. Tapi tetap PHRI memprioritaskan kepedulian terhadap warga Kota Bogor yang masih belum memiliki pekerjaan itu bisa kita dapatkan di BLK ini.

“Harapannya PHRI nanti akan suport dari sisi materi, supaya tidak buang waktu dan tepat sasaran materi yang diberikannya. Kita juga akan minta 2 asosiasi hotel yg bersertifikasi menjadi tenaga pelatih, narasumber dan trainer untuk di BLK ini. Ada 2 bidang yang bisa dikolaborasikan, diantaranya bidang makanan (tata boga) dan penjaga kebersihan (haouse kipping),” terangnya.

Dua bidang tersebut, nantinya PHRI akan mendatangkan langsung ahli nya untuk mengajarkan di BLK. “Disini kan mencetak para pekerja handal, profesional dan memiliki kemampuan dari latihan kerja. Jadi orang-orangnya juga siap kerja. Serapan dari industri juga tepat sasaran ketika mengambil karyawan dari BLK ini. Nanti saya akan bicara kepada anggota bahwa kalau bisa dikasih sedikit prioritas lulusan BLK ini untuk bisa kerj di hotel dan restoran di Kota Bogor,” tandasnya.

Sementara, Kepala UPTD BLK Enjang Nurjaman menyambut baik dan antusias rencana kerjasama yang akan dilakukan dengan PHRI Kota Bogor. “Kami menyambut baik terkait rencana kerjasama dengan PHRI. Memang kami ingin ada penyerapan tenaga kerja hasil dari pelatihan di BLK pada dua kejuruan antara lain house kipping dan tata boga perhotelan. Kami juga menyambut baik pihak PHRI yang akan mendatangkan tenaga ahli ke BLK,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.