Bantah ‘Sunat’ Dana BST, Kades Cicadas Salahkan Dinsos Kabupaten Bogor

GUNUNGPUTRI – Adanya dugaan ‘Penyunatan’ Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, wilayah Bogor Timur, Kabupaten Bogo, mendapat bantahan. Kepala Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri berkilah bahwa yang dilakukan pihak yang terhadap dana BST milik KPM, bukan ‘Penyunatan’ atau pemotongan, tetapi melainkan pengalihan sebagian dana BST milik KPM.

“Saya tidak memotong dana BST, apa lagi disunat. Siapa yang menyunat bantuan tersebut, ini hanya pengalihan dana bantuan saja,” kilah Kades Cicadas, Dian Hermawan kepada pakuanraya.com.

Ia juga mengungkapkan dan membenarkan bahwa untuk di Desa Cicadas ada sebanyak 5.929 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Jangan salahkan dari Pemerintah Desa, salahkan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, mengapa data untuk BST malah berkurang. Kita disini membantu masyarakat yang tidak kebagian BST agar menjadi kebagian, makanya saya buatkan atas persetujuan Musyawah Desa (Musdes), dengan membuat pengalihan dana bantuan,” jelasnya.

Sementara itu, pernyataan Kades Cicadas tersebut dibantah oleh Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Bogor, Mustaqim yang menegaskan bahwa tidak dilakukan praktik penyunatan ataupun pengalihan untuk dana BST milik KPM. Dengan dalih dan tujuan apapun, pemotongan itu tidak diperbolehkan dan merupakan perbuatan melawan hukum.

“Nanti akan segera saya panggil, yang menyalahkan Dinas Sosial, jangan membuat aturannya sendiri. Dan saya menegaskan tidak boleh ada yang namanya pemotongan atau penyunatan apalagi dialihkan. Dana BST itu harus utuh mutlak diterima para KPM sesuai bantuan dari Kemensos,” tegasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.