Banjir di Kawasan Pemda, Pemkab Bogor Fokus Sedot Air dan Angkut Sampah

Asisten Ekbang Setda Kabupaten Bogor, Nuradi mendampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim saat meninjau penanganan banjir di lokasi kejadian. =IST

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, kini fokus untuk membersihkan sampah dari drainase dan menyedot air hingga surut, sebagai upaya penanganan jangka pendek banjir yang kerapkali terjadi di kawasan Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, Nuradi, pembersihan yang melibatkan Dinas PUPR, DLH, DPKPP, Damkar dan BPBD itu difokuskan pada tiga titik yang baru-baru ini terdampak banjir.

Seperti di kawasan Perumahan Mutiara Hijau Residence, Golden Park dan Grand Cibinong.

“Untuk jangka pendeknya misalkan di Perumahan Mutiara Hijau Residence itu yakni dengan membersihkan sampah di drainase yang berada di depan Hotel Sayaga, lalu menyedot air di lahan hotel dan perumahan,” kata Nuradi, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, penanganan banjir di kawasan Pemda Kabupaten Bogor itu sudah menjadi konsen pemerintah. Dimana hal tersebut juga telah dibahas secara intens melalui rapat bersama dengan beberapa SKPD terkait.

“Bersama PUPR dan DPKPP kami juga akan membangun tanggul dan sumur resensi, kami sedang mencari solusi sumber anggarannya,” ungkap Nuradi.

Sementara, Camat Cibinong, Rusliandi menyebutkan, selain tiga perumahan yang terdampak banjir, ada pula ada pemukiman warga yang ikut terendam.

“Ini juga telah kami bahas bersama untuk langkah cepatnya. Dan sekarang kita memang fokus menyurutkan dulu airnya karena banjir ini mencapai lutut orang dewasa. Begitu pun sampah-sampah yang ada diangkat. Sampah tersebut ada yang dari rumah tangga serta sisa puing-puing pembangunan,” kata dia.

“Termasuk juga dengan gorong-gorong kita kita bersihkan. Karena diduga penyumbatan gorong-gorong yang membuat beberapa perumahan ini kebanjiran,” sambung Rusliandi.

Sebelumnya diberitakan, Puluhan rumah di wilayah Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, terendam banjir akibat hujan deras, Senin (15/8/2022) malam.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim meminta Pemkab Bogor untuk segera turun tangan, mencarikan solusi untuk mengatasi banjir yang kerap kali terjadi.

“Kami juga berharap semua pihak bersinergi menyelesaikan dulu banjir yang sedang terjadi. Lalu harus ada solusi pencegahan kedepan dan evaluasi berbagai hal terkait berbagai pembangunan yang mungkin berdampak terjadinya banjir di pemukiman sekitar pakansari tersebut,” kata Agus Salim saat meninjau lokasi. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.