Banjir di Jabodetabek, Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Duduk Bersama

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendorong Pemerintah Pusat, Gubernur Jakarta, Jawa Barat, Banten serta stakholder terkait lainnya untuk dapat duduk bersama menyelesaikan permasalahan banjir yang hampir setiap tahun di beberapa wilayah Jabodetabek.

“Banjir di Jabodetabek pagi ini disebabkan curah hujan tinggi. Namun tentunya itu juga dikarenakan tata kelola ruang terbuka hijau yang dimiliki setiap provinsi kurang baik dan banyak yang telah beralih fungsi” Kata Azis, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Politisi Golkar itu juga menjelaskan banyak daerah resapan air yang telah menjadi pemukiman, sehingga permasalahan banjir di wilayah Jabodetabek harus diselesaikan dari Hulu ke Hilir. Termasuk, setiap kepala daerah untuk memiliki komitmen bersama saling bergotong royong menyelesaikan banjir.

“Pemerintah Daerah harus lebih memperketat izin administrasi terhadap pembangunan infratruktur yang dapat menganggu resapan air, sehingga tata kelola sumber daya air dan sistem drainase di setiap daerah dapat berfungsi sebagaimana mestinya” sebut dia.

Lebih lanjut, Azis juga meminta masyarakat untuk membiasakan hidup disiplin dengan tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di aliran sungai saat musim hujan tiba.

“Masih minimnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan menjadi salah satu sumber penyebab banjir” jelasnya.

Terakhir, Azis Syamsuddin mendesak aparat Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TNI, Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat memberikan bantuan kepada daerah yang terkena banjir dengan membangun posko bantuan.

“Siapkan kebutuhan masyarakat yang terdampak dengan membangun dapur umum, posko tinggal sementara yang tentunya harus menerapkan protokol kesehatan, pakaian layak, selimut, biskuit anak dan obat obatan,” pungkasnya.MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.