Bangunan SDN Warnasari Cianjur Ambruk, Ini Sebabnya

beginilah situasi dan kondisi (Sikon) SDN Warnasari yang ambruk diterjang hujan deras dan angin kencang. Esya | Pakar

CIANJUR—Lagi bangunan sekolah di Cianjur SDN Warnasari, Desa Wargnasari, Kecamatan Agrabinta, Cianjur selatan ambuk ditejang angin dan hujan deras, Senin (8/11/2021), sekitar pukul 21.00 WIB malam tadi. Beruntung dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Diduga ambruknya bangunan SDN Warnasari tersebut, akibat dari lapuknya bahan kayu dan tiang penyangga.

Bangunan SDN Agrabinta yang ambruk sudah ditinjau oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur
Kepala SDN Warnasari, Desa Warnasari, Kecamatan Argabinta, Yeyet Kamaludin SPd, membenarkan jika bangunan sekolah yang ambruk tersebut, merupakan satu lokal dan kamar mandi. Beruntung dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Karena kejadiannya sekitar pukul 21.00 WIB malam tadi. Bangunan SDN Agrabinta yang ambruk sudah ditinjau oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur.


“Memang ambruknya SDN Warnasari ini, akibat dari tiang penyangganya yang telah lapuk dimakan usia tidak mampu menahan beban hujan dan angin. Bangunan sekolah yang ambruk tersebut, diketahui, salah satu ruang kelas dan kamar mandi murid. Namun, kejadiannya berangsur-angsur, cuaca memperparah dan mempercepat ambruknya bangunan. Bahkan, ambruknya bangunantersebut, sudah diketahui pihak Disdikbud Kabupaten Cianjur,” kata Yeyet saat dihubungi wartawan, Senin (8/11/2021).

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, bangunan tersebut memang sudah cukup tua dan lapuk, sehingga ambruk. Saat keejadian bangunan tersebut sudah dalam keadaan rusak sedang dan berat.

Ambruknya bangunan SDN Warnasari dalam kondisi rusak sedang dan berat, ditambah terkena angin dan hujan besar, sehingga ada dua lokal yang rusak.
“Memang berdasarkan laporan dan informasi dari koordinator pendidikan kecamatan( Kordik) Agrabinta dan info dari Kepsek Wanasari, bahwa bangunan tersebut ruang kelas sebanyak 6 lokal. Insya Allah, kita akan rencanakan dan juga akan melaksanakan rehabilitasi tahun 2022, Mudah-mudahan Kepala Sekolah dan unsur komite sekolah bisa mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan khusus nya untuk pembelajaran bagi siswa,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.