Bangun Fasilitas Olahraga, Hal Ini Dilakukan Kepala Desa Sukaharja

Inilah kondisi lahan yang akan dibangun lapangan olahraga masyarakat Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. IST

CIOMAS – Banyak cara yang bisa dilakukan dalam pengembangan dunia olahraga di setiap wilayah. Salah satunya seperti yang dikerjakan Kepala Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Rahmat Jebeng, yang saat ini sedang berusaha membangun fasilitas olahraga berupa lapangan mini, di Kampung Cipayung RT 04/RW 07 Desa Sukaharja, dengan merogoh kantong pribadi kades dalam pengerjaan cut and fill atau perataan tanah untuk rencana pembuatan lapangan mini desa.

Namun seiring berjalannya waktu, sejak dimulainya perataan tanah rencana pembuatan lapangan mini desa. Sang Kades Rahmat Jebeng mulai mengalami kendala anggaran dalam proses pengerjaannya. Terlebih lagi fasilitas olahraga masyarakat di Desa Sukaharja sangat minim dan bisa dikatakan tidak ada.

Sehingga untuk melanjutkan rencanannya tersebut, Kades Sukaharja, akan mengajukan proposal bantuan anggaran kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor. Supaya proses pembangunan lapangan bisa berlanjut, dan masyarakat olahraga di Desa Sukaharja dapat menyalurkan bakat-bakatnya di lapangan tersebut. Hal itu ditegaskan Kades Sukaharja, Rahmat Jebeng, Senin (4/10/2021).

“Sudah lama sekali masyarakat olahraga di Desa Sukaharja mendambakan lapangan mini. Jadi saya memberanikan diri untuk membangun lapangan melalui dana pribadi saya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu anggaran mulai menipis atau habis, maka saya akan mencoba mengajukan bantuan anggaran kepada Pemkab Bogor melalui Dispora,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kalau keberaniannya membangun fasilitas lapangan tersebut, dikarenakan selama berpuluh-puluh tahun tidak ada yang peduli akan adanya lapangan untuk olahraga masyarakat. Jadi dimasa kepemimpinannya di delapan bulan kebelakang sejak dilantik sebagai Kades Sukaharja, dirinya langsung berinisiatif membangun lapangan desa melalui dana awal pribadi.

“Dana yang saya keluarkan terbilang cukup banyak. Tapi itu semua tidak masalah, karena ini demi masyarakat Desa Sukaharja yang sangat mendambakan lapangan untuk olahraga. Jadi saya berinisiatif membangun awal melalui dana saya pribadi. Tapi memang masih kurang, maka dari itu untuk melanjukan proses pembangunan hingga selesai saya akan mengajukan proposal bantuan kepada Pemkab Bogor,” tegasnya.

Disinggung soal lahan yang akan dibangun lapangan tersebut, dengan tegas Jebeng menjelaskan, jika tanah tersebut, merupakan tanah milik salah satu PT yang dipinjamkan kepada Desa Sukaharja. Apalagi nantinya tanah tersebut juga akan diserahkan pihak PT kepada Pemkab Bogor, untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU). Jadi, sebelum itu diserahkan, kenapa tidak dipergunakan sementara untuk lapangan desa.

“Ada salah satu PT memiliki tahan 100 hektar lebih di Ciomas. Namun untuk TPU nya, PT tersebut membelinya di Desa Sukaharja. Jadi karena belum dipergunakan atau diserahkan kepada Pemkab Bogor, kita mengajukan permohonan pimjam pakai kepada PT. Alhamdulillah kita diberi kepercayaan untuk mempergunakan lahan itu untuk dibangun lapangan olahraga masyarakat,” tegasnya.

Yang jelas tambah Jebeng, dirinya segera mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkab Bogor. Karena ini semua dilakukan, untuk kepentingan masyarakat Desa Sukaharja, dalam hal pengembangan olahraga diwilayah Kabupaten Bogor. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.