Bamsoet Dorong Kepala Daerah Dukung Pengembangan Olahraga Otomotif

Bamsoet menyerahkan trofi kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 di Rocket Motor Circuit MXGP Samota. (mpr.ri)

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah yang sukses menggelar tiga kejuaraan balap internasional di NTB dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Kejuaraan internasional pertama, World Superbike 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit Lombok, November 2021. Dilanjut MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Maret 2022. Terbaru, MXGP Indonesia 2022 di Rocket Motor Circuit MXGP Samota, Sumbawa.

“Suatu dedikasi yang tinggi diperlihatkan oleh Gubernur Zulkieflimansyah di dunia otomotif. Kita harapkan para kepala daerah lain juga mau turut serta mendukung pengembangan olahraga otomotif di daerahnya. Minimal dengan mengadakan berbagai event balap daerah ataupun nasional bekerjasama dengan IMI,” ujar Bamsoet lewat keterangannya, Senin (27/6/2022).

Bamsoet menyampaikan hal tersebut usai menutup MXGP Indonesia 2022 di Rocket Motor Circuit MXGP Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pengurus Pusat IMI hadir antara lain Dewan Pembina Robert Kardinal dan Andi Rahmat, Wakil Ketua Happy Harinto dan Junaidi Elvis, Direktur Olahraga Off The Road Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, Bidang Kesehatan Dokter Zaini Hamzah, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho.

Hadir pula Gubernur NTB Zulkieflimansyah, CEO Infront Motor Racing David Luongo serta Direktur Komisi Motocross Federasi Sepeda Motor Internasional Antonio Alia Portela.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini juga mengajak para kepala daerah mengembangkan sport automotive tourism. Sehingga, dari berbagai event otomotif yang digelar, selain mampu membangun citra otomotif nasional, juga memberikan efek berantai pada geliat perekonomian rakyat.

“Dengan segala potensi dan sumberdaya yang kita miliki, konsep sport automotive tourism akan menjadi langkah kebijakan yang cerdas, inovatif, dan dapat menjadi alternatif solusi bagi kebangkitan sektor pariwisata dan perekonomian nasional. Terlebih, selama lebih dari dua tahun perekonomian nasional telah tergerus oleh dampak pandemi Covid-19,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, industri balap Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu sektor yang memberikan sumbangan terbesar bagi pendapatan asli daerah. Melalui berbagai event kejuaraan yang digelar di sirkuit, bisa memberikan multiplier effect economy dalam menggerakkan berbagai sektor ekonomi rakyat.

“Dari mulai UMKM yang menyiapkan souvenir dan kerajinan tangan, hingga hotel yang menyediakan penginapan. Sekaligus juga menjadi pendorong agar lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan menikmati berbagai keindahan alam Indonesia,” pungkas Bamsoet. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.