Balita Penderita Thalassemia di Ciampea Butuh Pendonor Darah

CIAMPEA – Masih balita namun memiliki penyakit thalassemia sehingga kedua orang tuanya harus mencari donor darah untuk menyembuhkan penyakit yang diderita anaknya. M Damar Al Kamil (10) warga Kampung Gunung Leutik RT 03/05, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, saat ini sangat membutuhkan bantuan darah dari pendonor.

Lupy orang tua Damar, menyampaikan terlihat sekilas mata seperti orang biasa-biasa saja, namun ketika tidak mendapatkan donor darah O, seketika lemas, demam, bahkan mengeluarkan darah di hidungnya. “Jadi anak kami menderita Thalassemia sejak balita, setiap dua minggu sekali harus transfusi darah,” ungkap Lupy. (22/7/2021)

Patut diketahui, thalassemia merupakan penyakit langka di mana penderita mengalami kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sehingga kelainan itu mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.

Lupy menceritakan, penyakit yang dialami buah hatinya itu mengharuskan dirinya mencari pendonor dengan golongan darah O setiap dua pekan. Meskipun biasanya mudah didapat di PMI Bogor, namun di masa pandemi Covid-19 ini dirinya mengaku kesulitan mencari pendonor.

Melalui pesan broadcast, Lupy berharap ada seorang relawan dengan golongan darah O yang mau mendonorkan sedikit darahnya untuk Damar. “Dengan berat hati kami memohon kerelaan dan keridhoan bapak ibu saudara untuk bisa menjadi pendonor darah untuk anak kami,” harapnya.

Kendati demikian, transfusi darah yang selama ini dijalani Damar nampaknya mulai menimbulkan efek samping. Penumpukan zat besi di organ limpa berimbas pada ukuran perut Damar yang semakin membesar tak wajar.

Namun Lupy mengaku tak memiliki pilihan selain terus melakukan transfusi darah ke anak laki-lakinya tersebut. “Katanya bisa sembuh dengan operasi sumsum tulang belakang, tapi itu mahal saya tak sanggup,” ucap Lupy. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.