Baliho-baliho Partai dan Tokoh Marak Terpampang di Sudut Wilayah, Bawaslu Angkat Bicara

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah. IST

CIBINONG – Maraknya baliho dan spanduk partai pada sejumlah wilayah di Bumi Tegar Beriman ditanggapi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah menjelaskan, terkait baliho-baliho yang marak terpampang di ruang-ruang publik baik partai maupun tokoh saat ini masih dalam tahap sosialisasi.

“Yang baliho partai nempel di sejumlah wilayah itu bagian dari sosialisasi,” ujar Irvan Firmansyah kepada wartawan.

Itu boleh dilakukan, sambung dia, karena dalam konteks memberitahukan kepada masyarakat soal logo partai, nomor urut dan sebagainya, itu belum termasuk pada tahapan kampanye.

“Karena belum pada tahapan kampanye jadi saat ini kewenangannya bukan pada kami di Bawaslu,” ucapnya.

Menurutnya, upaya penindakan baliho-baliho tersebut pendekatannya adalah Peraturan Daerah (Perda).

“Kalau misalkan melanggar Perda ketertiban umum, kemudian juga pajak dan restribusi itu kewenangan sekarang itu ada di Pemda, belum ada pada kami, kecuali pada tahapan pemilu,” bebernya.

Pantauan wartawan ini, sejumlah baliho, spanduk dan sejenisnya memenuhi sudut-sudut wilayah di tahun politik ini. Tidak hanya baliho dan spanduk partai tapi tokoh-tokoh yang berniat mencalonkan diri pun sudah nampak banyak terlihat.

Anehnya, baliho dan spanduk itu tidak pernah diturunkan pemerintah daerah.

Contoh di wilayah Kecamatan Cibinong, di beberapa persimpangan pasti saja ada baliho partai dan tokoh-tokoh Kabupaten Bogor seperti di persimpangan jalan Kandang Roda. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.