Bahu Jalan Bocimi Jadi Parkir Liar Truk Besar, Dishub Bakal Lakukan Hal Ini

Deretan truk besar memenuhi jalan Mayjen Edi Sukma Bocimi pada malam hari. IST

CARINGIN – Deretan truk besar memenuhi sebagian ruas jalan Raya Mayjen HR Edi Sukma atau jalur Bocimi, mereka memanfaatkan ruas jalan menjadi tempat parkir. Menurut warga dan pengendara, kondisi tersebut sudah terjadi sejak cukup lama.

Kondisi inipun banyak dikeluhkan warga serta para pengguna jalan. Bahkan sebagian diantaranya mempertanyakan kemana petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Lalu Lintas (Polantas) saat belasan kendaraan besar tersebut parkir sembarangan pada malam hari.

“Ya seperti ini yang terjadi setiap malam hari, mulai dari truk pengangkut air, pasir hingga kontainer milik perusahaan pada parkir sembarangan di jalur ini,” Mujiyanto pengendara asal Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Senin (4/4/2022)

Sebagai pengendara yang hampir setiap hari beraktivitas menggunakan jalur itu, ia pun mengaku terganggu dengan kondisi tersebut. Ia menyebut, truk dan kendaraan besar biasa terparkir disejumlah titik seperti di sepanjang jalur Caringin, mulai dari depan Polsek hingga jalur menuju pasar.

“Ya setiap malam banyak yang parkir disitu, terus di dekat pintu Tol Caringin, Cimande, termasuk yang ke arah Sukabumi. Yang jadi pertanyaaan saya, ini tuh petugas pada tahu gak,” ucap pengendara roda empat tersebut.

Supriadi, pengguna jalan lainnya juga mengeluhkan hal serupa. Menurut dia, sebagian dari kendaraan besar tersebut merupakan kendaraan ekspedisi sejumlah perusahaan.

“Setahu saya sih yang sering parkir itu, truk pasir dan sebagian besar truk pengangkut air serta kontainer ekspedisi perusahaan, termasuk dari wilayah Sukabumi. Kan di sana banyak pabrik besar, tapi sering parkir di jalur ini,” terangnya.

Anehnya, lanjut dia, meski kerap parkir sembarangan, namun para pengemudi seolah tak takut terkena teguran atau sanksi petugas.

“Makanya bingung, kok seolah kayak yang aman dari petugas. Padahal jelas mengganggu ketertiban umum,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridhalah mengaku akan memerintahkan bidang terkait untuk segere mengecek kelapangan.

“Kalau memang benar tentunya akan kita tindak tegas, bahu jalan bukan tempat parkir, apalagi jika di lokasi parkir ada larangan dilarang parkir, pasti akan kita tindak tegas,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.