Bahayakan Siswa, TPT di SDN Cibungbulang 01 Ambruk

CIBUNGBULANG – Tidak dikunjung diperbaiki, Tebing Penahan Tanah (TPT) ambruk dan membahayakan para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibungbulang 01, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Hampir satu tahun penuh TPT mengalami longsor, mirisnya lokasi TPT yang mengalami longsor berada di depan sekolah dasar bahkan membahayakan para siswa dan pengguna jalan raya.

“Sudah beberapa bulan belum ada perbaikan. Tapi sudah ada yang meninjau kesini dari pemerintah desa setempat sama Dinas Pendidikan juga, mungkin belum ada pembiayaan nya aja kali yah,” kata Komite sekolah yang enggan disebutkan namanya.

Ia juga merasa khawatir jika para siswa dan siswi bermain di lokasi tersebut sehingga membahayakan keselamatan nya. “Karena kan ini berada di lingkungan sekolah, jadi khawatir aja ada anak-anak yang pada main disitu,” tambahnya.

Sementara pantauan dilokasi, tebing yang diperkirakan puluhan meter itu, setelah pasca longsor di beberapa bulan lalu kini hanya di tutup oleh terpal dan di pagar oleh beberapa batang pohon bambu. Terlebih dengan kondisi seperti itu dikhawatirkan akan menimbulkan keselamatan jiwa maupun bangunan sekolah akan tergerus tanah longsor yang persis depan sekolah tersebut.

Lokasi itu tepatnya berada di Kp. Cibungbulang, RT 05 RW 03, Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Dilokasi itu juga terdapat akses jalan yang menghubungkan antar desa dengan tetangga desa lain.

Dikonfirmasi awak media ini, Kepala Desa Cimanggu Dua, Edi Sukarya mengatakan bahwa kejadian longsor itu terjadi pada 3 bulan lalu pada saat diguyur hujan lebat. “Ini kejadian sudah lama, ada 3 bulanan. Sudah di tinjau juga, malah dari dinas terkait juga sudah. Ketinggiannya kurang lebih 25 meter,” kata Kades Cimanggu Dua, Edi Sukarya melalui pesan WhatsApp-Nya, Rabu, (03/07/24).

Dia menjelaskan untuk perbaikan dilokasi tersebut menyangkut ada beberapa pihak yang berkewenangan. Termasuk perbaikan irigasi yang berada di bibir sungai atau kali. “Untuk TPT nya kewenangan desa, karena sudah masuk dalam RPJMD. Sementara untuk irigasi ranah PUPR bidang pengairan, dan sesegera mungkin di bulan juli, agustus akan diperbaiki,” tandasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.