Aturan Baru di Kota Bogor, Minol Golongan B dan C Tak Diizinkan Beredar

Alma Wiranta. IST

BOGOR – Pemkot Bogor melalui Bagian Hukum dan HAM telah melakukan evaluasi terhadap dua Peraturan Wali (Perwali) Kota Bogor yang berkaitan dengan kebijakan Minuman Beralkohol (Minol), yaitu Perwali Kota Bogor Nomor 74 Tahun 2015 dan Perwali Kota Bogor Nomor 48 Tahun 2019. Hal ini dilakukan setelah Wali kota Bogor, Bima Arya menegaskan, penguatan kebijakan pembatasan Minol kepada semua jenis usaha cafe dan resto.
 
Kepala Bagian Hukum dan HAM, Alma Wiranta menyampaikan, tugas dan fungsi mengevaluasi Perwali yang tidak sesuai dengan regresus tata norma dan asas-asas sebuah peraturan baik formil dan materil telah dilakukan sebagai moral hazard untuk disampaikan kepada publik.
 
“Menguatkan statement Wali Kota Bogor Bima Arya, sesuai kebijakan telah diterbitkan Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban minuman beralkohol, bahwa minol golongan B dan C tidak diizinkan di Kota Bogor,” tegasnya, kemarin.
 
“Ini adalah kebijakan Pemerintah Kota Bogor seiring dengan adanya Perda Nomor 1 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat, pasal 10 dinyatakan dengan tegas tentang tertib minuman beralkohol,” tambahnya.
 
Alma juga mengatakan, dalam sudut pandang dampak negatif alkohol bagi kesehatan mental generasi muda dan memaparkan beberapa cara mengatasi kecanduan minol, diantaranya melalui regulasi yang tegas melarang.
 
Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan, Pemkot Bogor tetap komitmen menjalankan visi kota ramah keluarga sehingga tengah menuju kota zero minol.
 
“Ini sebagai komitmen menjalankan visi kota ramah keluarga, kami menuju kota zero minol. Selain itu agar terciptanya lingkungan yang nyaman, tertib, dan kondusif maka kami tekankan melalui regulasi-regulasi yang sudah diterbitkan,” ungkap Bima.
 
Bima menambahkan, untuk mempersiapkan regulasi minol, tetap merujuk kepada Permendag
Nomor 20/M-DAG/PER/4/2014 juga adanya komitmen dan dukungan DPRD Kota Bogor.
 
“Tertib Minol yang tertera dalam Perda Kota Bogor Nomor 1 tahun 2021, yang selanjutnya diturunkan dalam Perwali Kota Bogor Nomor 10 tahun 2022, melarang peredaran Minol golongan B dan C di Kota Bogor dan membatasi peredaran Minol golongan A di Kota Bogor,” terangnya.=ROY
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.