Atasi Kelangkaan Ketersediaan Darah Melalui Sisarah RSUD Cileungsi Kabupaten Bogor

Inovasi Sistem Informasi Ketersediaan Darah (Sisarah) di RSUD Cileungsi. IST

CILEUNGSI – Transfusi darah merupakan salah satu bagian penting dalam bidang kesehatan. Secara keseluruhan, transfusi darah dibutuhkan untuk menangani pasien yang mengalami perdarahan masif, pasien anemia berat, pasien yang hendak menjalani tindakan operasi, pasien dengan kelainan darah bawaan dan sebagainya.

Jika transfusi darah diterapkan secara benar, maka proses transfusi tersebut dapat menyelamatkan jiwa pasien dan bahkan dapat meningkatkan kesehatan pasien tersebut, tetapi banyak pasien yang membutuhkan transfusi tidak memiliki akses yang tepat untuk mendapat darah yang aman.

Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) adalah sebuah unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas ketersediaannya darah untuk transfusi yang aman, berkualitas dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan penurunan jumlah persediaan darah untuk transfusi secara signifikan. Kebutuhan untuk tranfusi darah bagi rumah sakit masih tinggi namun tidak dapat diimbangi oleh ketersediaan pendonor sebagai sumber utama bahan transfusi darah.

Kesulitan akses darah ini telah dialami oleh seluruh rumah sakit di Indonesia, tidak terkecuali di RSUD Cileungsi dan rumah sakit sekitarnya. Keterlambatan tindakan transfusi darah sangat dapat mengancam nyawa pasien yang membutuhkan.

Dibutuhkan upaya-upaya khusus untuk memudahkan informasi dan distribusi darah untuk transfusi di kalangan rumah sakit agar distribusi darah untuk transfusi dapat disalurkan secara efisien dan efektif.

Bank Darah RSUD Cileungsi sebagai satu-satunya Bank Darah di wilayah Bogor Timur yang telah beroperasi 24 jam menjadi unit yang sangat penting yang dapat membantu mendistribusikan darah dalam rangka transfusi baik untuk kebutuhan internal maupun ke rumah sakit sekitar Bogor Timur dengan letak yang strategis dan kemampuan penyimpanan darah lebih dari 200 kantong per hari.

Seiring dengan usaha pemenuhan darah untuk transfusi di Rumah Sakit, pelayanan Bank Darah RSUD Cileungsi baik untuk kepentingan internal maupun ke rumah sakit sekitar Bogor Timur diharapkan dapat membantu menunjang perbaikan kondisi pasien yang membutuhkan transfusi darah.

Hadirnya inovasi Sistem Informasi Ketersediaan Darah (Sisarah) di RSUD Cileungsi dapat membantu memudahkan informasi dan distribusi darah untuk transfusi di kalangan internal maupun eksternal rumah sakit agar distribusi darah untuk transfusi dapat disalurkan secara efisien dan efektif. =RED/KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.