Atasi Kekeringan, 5 Desa di Caringin Terima Tambahan Dana Desa

CARINGIN – Untuk mengatasi dampak daru Elnino yang mengakibatkan musim kemarau, sebanyak 5 desa di wilayah Kecamatan Caringin, menerima tambahan Dana Desa (DD) masing masing desa Rp 139 juta untuk mengatasi dampak kekeringan.


Salah satunya di Desa Pasir Muncang mengadakan acara Musrenbang Rapat Kerja Perubahan (RKP) -Desa Tahun Anggaran 2023 acara yang digelar di Aula kantor Desa. Tambahan Dana Desa ter sebut untuk mengatasi dampak kekeringan di lima desa.  Desa yang mendapat tambahan Dana Desa tersebut diantaranya, Desa Lemahduhur, Pasir Muncang, Ciderum, Cimande Hilir dan Pancawati.


Kades Pasir Muncang Yudi Wahyudin mengatakan, bahwa kegiatan hari ini perubahan RKP-Desa Tahun Anggaran 2023, mengingat kita desa mendapatkan tambahan dana desa tahun 2023 yang mendapatkan dana tambahan hanya 5 desa yang ada di Kecamatan Caringin. “Di Caringin mendapat tambahan DD sebesar 139 juta tiap desa untuk mengatasi dampak kekeringan, salah satunya untuk membuat sumur bor,” ujarnya.


Tambahan anggaran tersebut lanjut dia, untuk menanggulangi dampak kekeringan yaitu sarana dan prasarana pembuatan sumur bor, adapun sumur bor untuk saar ini sudah ada satu namun belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.
“Kalau sumur bor memang sudah ada satu titik, namun tidak memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak,” ucapnya.


Yudi berharap, dengan adanya tambahan melalui DD tersebut sudah dipastikan dapat membantu menanggulangi dampak kekeringan dangan cara pembuatan sumur bor baru. “Kami berharap untuk wilayah Desa Pasir Muncang dengan adanya kegiatan musrenbangdes ini adalah usulan dari masyarakat sendiri, In shaa allah masyarakat kalau memang diperlukan sarana dan prasarana pembuatan sumur bor pastinya akan lebih dan lebih manfaat,” pintanya.


Sementara itu Kepala Desa Lemah Duhur Ujang Nazmudin menambahkan, pihaknya akan memanfaatkan tambahan Dana Desa tersebut, Untuk memperbaiki pipanisasi air bersih yang selama ini butuh perbaikan sehingga menghambat pasokan air kepada masyarakat. 


“Selama ini pipanisasi yang ada sangat menghambat, karena butuh perbaikan oleh karena itu, dengan adanya tambahan tersebut sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat salah satunya perbaikan pipanisasi sehingga dapat meningkatkan distribusi air kepada masyarakat,” jelasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.