Asuransi Tani Jadi Program Unggulan Pancakarsa

Kepala dinas Distaanhorbun Kabupaten Bogor, Nurhayanti. IST

CIBINONG – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Nurhayanti mengungkapkan jika program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) menjadi program unggulan Pancakarsa.

Menurutnya, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan target kepesertaan anggaran di tahun 2022 seluas 25.000 hektar dengan premi sebesar 80% dibayarkan melalui APBN.

“Atas target tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah mengalokasikan anggaran yang berasal dari APBD, seluas 10.000 hektar dengan premi sebesar 20%,” ujar Nurhayanti, Selasa (9/8/2022).

Lanjut dia, bahwa ada beberapa kelompok tani yang melakukan klaim asuransi, diantaranya sembilan kelompok tani yang mengajukan klaim akibat hama penyakit dan banjir bandang di Kabupaten Bogor dengan jumlah dana Rp 442.020.000, dan hari ini rencananya akan diserahkan secara simbolis.

“Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan penyerahan AUTP hari ini, dapat mengantisipasi kegagalan panen dan memberikan ganti rugi akibat kerugian petani sehingga keberlangsungan usaha tani dapat terjamin,” tuturnya.

Untuk diketahui, pada hari ini juga diserahkan hasil pembangunan jaringan irigasi dari APBN kepada sebanyak 15 Poktan yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh petani secara swadaya di 15 kelompok tani. Juga dilaksanakan simbolis pemberian KUR kepada Poktan yang ada dari Bank BJB.

Penyerahan KUR ini merupakan bagian fasilitasi pembiayaan bagi petani dalam mengembangkan usaha pertanian yang usahanya dinilai layak. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.