AQUA Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

CIGOMBONG – Warga kampung Ciletuh Lamsi dan Wates, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor tiba-tiba berbondong-bondong ke luar dari rumah masing-masing untuk mengambil air bersih yang disalurkan AQUA ke kedua kampung tersebut pada 20 September 2023.

Warga kedua kampung mengaku sudah beberapa bulan terakhir sulit mendapatkan air bersih. “Selama musim kemarau ini kami sulit memperoleh air bersih. Kadang-kadang kami harus membeli air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Syukurlah hari ini AQUA datang menyalurkan air bersih kepada kami,” tutur warga Kampung Ciletuh Lamsi Uci (62 tahun) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan dan masih kuat memikul dua ember besar membawa air bersih ke rumahnya berkali-kali.

Selama musim kemarau ini Pabrik AQUA Lido menyalurkan rata-rata sekitar 30.000 liter air bersih per dua hari ke beberapa desa sekitar yang sulit mendapatkan bersih. “Selain kedua kampung tersebut, kami salurkan air bersih juga ke Gombong Onan, Ciletuh Hilir, Ciletuh Girang, Pasir Kuda, Desa Sorogol, Desa Cisalada,” kata Koordinator CSR Pabrik AQUA Lido Maman Suparman.

“Sebenarnya sarana air bersih di Desa Wates Jaya sudah cukup memadai. Namun karena perubahan tata ruang dan lingkungan membuat debit air di Wates Jaya menurun selama musim kemarau,” ungkap Kepala Desa Wates Jaya Rudi Irawan. “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian AQUA menyalurkan air bersih kepada warga desa kami,” tambah Rudi senang.

Penyaluran air bersih juga dilakukan AQUA di berbagai lokasi di Jawa Barat, yaitu di Sukabumi, Sentul, Parung, Subang, dan Cianjur. “AQUA langsung bergerak menyalurkan air bersih kepada masyarakat di berbagai lokasi di Jawa Barat selama musim kemarau ini. Hal itu merupakan bagian dari upaya kami ikut meringankan beban warga masyarakat yang kesulitan memperoleh air bersih, yang lokasinya jauh dari pabrik kami.” jelas Senior External Relations Manager Danone-AQUA Wilayah Jawa Barat Murtijo

Warga masyarakat di berbagai wilayah di Jawa Barat menggunakan berbagai wadah untuk mendapatkan air bersih. Ada yg gunakan ember, jerigen, tong, gerobak dengan galon-galon, dan lain-lain. Yang penting mereka bisa membawa air bersih untuk kebutuhan keluarga masing-masing. Mereka terlihat senang dan kembali tersenyum di tengah kemarau yang menyengat saat ini. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.