Apoteker Puskesmas Jonggol Lakukan ‘Home Care’ Pendataan Obat, Ajak Warga Hidup Sehat

Apoteker Puskesmas Jonggol memberi penyuluhan di lingkungan masyarakat. IST

JONGGOL – Puskesmas Jonggol mendukung kegiatan Apoteker Mapay Lembur dengan kegiatan mengedukasi sejumlah warga, menuju sehat bersama.

Hal itu disampaikan oleh Apoteker Puskesmas Jonggol, Ana Sarah Kurnia. Menurut dia, pihaknya menyusuri sejumlah desa yang ada di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

“Kita mendatangi rumah warga yang ada di desa sekitar wilayah kerja Puskesmas Jonggol dan kita pun mengedukasi warga tersebut untuk hidup sehat, dan jauh dari penyakit. Bukan hanya itu, kita Apoteker pun melayani warga yang ingin melakukan konsultasi obat,” kata dia, Kamis (18/8/2022).

Ia memaparkan bahwa Home Care Pendataan tersebut dilaksanakan selama 2-3 bulan sekali dalam sekali kegiatan.

“Kita terjun langsung untuk berinteraksi dengan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan di bidang kesehatan, lalu kita pun fokus melakukan pendataan obat-obatan di rumah warga,” paparnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan Home Care juga mendorong kegiatan program Kementerian Kesehatan yaitu Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) khususnya gerakan DAGUSIBU (Dapatkan Gunakan Simpan dan Buang Obat) dengan cara yang benar kepada keluarga yang dikunjungi.

“Salah satu aspek pelayanan kefarmasian adalah Pelayanan Kefarmasian di Rumah (Home Pharmacy Care) yang merupakan pelayanan kepada pasien yang dilakukan di rumah khususnya untuk kelompok pasien lanjut usia, pasien yang menggunakan obat dalam jangka waktu lama seperti penggunaan obat-obat kardiovascular, diabetes, TB, asma dan penyakit kronis lainnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, pelayanan kefarmasian di rumah diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pengobatan dan memastikan bahwa pasien yang telah berada di rumah dapat menggunakan obat dengan benar.

“Begitu juga halnya pada saat Pandemi Covid, Apoteker ikut berperan memberikan konseling penggunaan obat Covid kepada pasien isolasi mandiri dengan tetap melakukan protokol kesehatan dan pemakaian APD pada saat melakukan kunjungan rumah pasien terkonfirmasi positif yang sedang melakukan isoman di rumah,” pungkasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.