APK Caleg Terpasang di Pohon, Nunggu Tindakan Tegas Bawaslu

Inilah baliho para Caleg yang di paku pada pohon. (Ist)

CIGOMBONG – Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) disejumlah wilayah yang tak beraturan dan dipasang di pohon, jembatan tiang listrik dan jalan, menjadi sasaran Penertiban Bawaslu Kabupaten Bogor. Rencana penertiban APK yang melanggar aturan tersebut, setelah  Pihak Bawaslu Kabupaten Bogor melakukan kordinasi dengan pihak Satpol PP Kabupaten Bogor guna menentukan hari pelaksanaanya.


“Kemarin kami sudah bersurat ke Satpol PP terkait dengan APK Dipasang di pohon, tiang listrik maupun jembatan. Karena itu melanggar aturan dalam waktu dengan kami tertibkan bersama Satpol PP,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor  Ridwan Arifin saat dikonfirmasi Pakar.


Dia menjelaskan, penertiban tersebut bukan hanya disatu wilayah melainkan seluruh kecamatan. Pasalnya lanjut dia, pihak Bawaslu sudah melayangkan  surat kepada setiap Panwascam, terkait dengan penertiban APK yang diduga melanggar. “Kami Sudah bahas dengan satpol PP, tinggal hari nya saja untuk pelaksanaan penertiban tersebut. Bahkan semua panwascam sudah kami kirim surat agar kordinasi dengan pihak Satpol PP kecamatan,” ungkapnya.


Untuk pelaksanaan penertiban kaya dia lagi, tinggal menunggu kesiapan satpol PP. Karena tambah dia, yang harusnya Hari senin kemaren namun semua sibuk. “Harusnya Senin Kemaren, tapi karena pada sibuk jadi di mundur. Tinggal kesiapan satpol PP saja bisa besok atau lusa,” ujarnya.


Ridwan mengaku, tiang listrik dan Jembatan adalah milik negara yang dibiayai oleh negara sehingga kan jujur dia. Sudah diatur larangan tersebut dalam PKPU nomor 15. “Di jembatan jalan umum maupun tiang listrik telepon itu milik milik negara, makanya APK yang dipasang tempat atau barang milik negara akan menjadi sasaran penertiban,” tegasnya.


Dia berharap semua Caleg maupun Partai Politik agar memberikan pemahaman kepada kadernya terkait dengan aturan larangan pemasangan APK. “Harapan kami, parpol memberikan pemahaman kepada Caleg maupun kader yang melakukan pemasangan APK, sehingga mereka paham lokasi yang dilarang atau yang diperbolehkan,” pintanya.


Dengan maraknya Pemasangan APK di tiang listrik jembatan maupun tiang telepon kata dia, akibat kurang pahamnya aturan terkait dengan tempat yang dilarang dipasang APK. “Saya rasa pemasangan yang asal asalan ini, akibat mereka tidak tau larangan. Makanya ini harus diberikan pemahaman,” pungkasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.