Antisipasi Penularan Virus Covid-19, Warga Perumahan Grand Sutra Disemprot Disinfektan

LEUWILIANG – Puluhan warga yang bermukim di perumahan Grand Sutra, Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Terpapar virus Covid-19. Sedikitnya ada 18 Kartu Keluarga (KK) yang di nyatakan positif dalam beberapa pekan.

Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, pihak Pemerintah Desa (Pemdes), Badan Penanggulangan Bancana (BPD) Kabupaten Bogor, Muspika, serta TNI dan Polri terjun kelapangan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga, Rabu (7/7/2021).

Kepala Desa Leuwimekar Emay Sumarno, sejauh Pemdes Leuwimekar sudah mengupayakan penyemprotan desinfektan di sejumlah titik yang terpapar covid-19 di perumahan Grand Sutra. “Sejauh ini kita memiliki kendala karna yang terpapar covid-19 tersebut pendatang bukan asli warga Leuwimekar, karna ini masih masuk wilayah Leuwimekar kita tetap upayaku dengan langkah-langkah seperti penyemprotan desinfektan,” ungkapnya kepada pakuanraya.com.

Tidak hanya penyemprotan desinfektan, Pemdes sendiri akan melakukan kebijakan lockdown terhadap perumahan grand sutra karna penyebaran virus covid-19 cukup tinggi di wilayah perumahan tersebut. “Lockdown ini tidak total, hanya saja untuk yang terpapar covid-19 agar tidak keluar. namun untuk warga luar yang ingin masuk ke kawasan perumahan agar menyertai surat rapid test dan surat yang sudah melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Lanjut Emay, dengan kebajikan lockdown tentunya bagi yang terpapar covid-19 pasokan kebutuhan sehari-hari akan di suplay oleh Desa dan warga sekitar. “Kebetulan warga sekitar juga kompak dan juga selalu mensuplay makanan terhadap yang terpapar covid-19, perlu di cacat bahwa yang positif ini bukan warga Leuwimekar tetapi warga luar yang datang ke sini,” jelasnya.

Emay menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama bagi warga yang menetap di Grand Sutra agar mematuhi protokol kesehatan agar bisa memutus mata rantai covid-19. “Kepada seluruh masyarakat khususnya kepada warga Grand Sutra agar menggunakan masker saat keluar rumah, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua RW 03, Muhidin Musa mengatakan, peningkatan penyebaran virus covid-19 di Grand Sutra ini sangat cepat, dalam beberapa hari peningkatan yang positif begitu tinggi. “Sejauh ini ada 18 kartu keluarga yabg terpapar covid-19 di Grand Sutra, dengan total 26 lebih yang di nyatakan positif Covid-19,” ucap Musa.

Dalam hal ini, pihaknya berserta masyarakat sekitar bahu-membahu membuat mensuplay kebutuhan pokok terhadap warga yang terpapar covid-19. “Kita siapkan tempat dan kebutuhan pokok agar yang positif tidak khawatir terhadap kebutuhan pokok, sehingga kita suplay makanannya,” tutupnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.