Antisipasi Banjir, TNI dan Warga Bersihkan Sungai Cipopokol

Aktifitas kegiatan pembersihan sungai Cipopokol yang dilakukan TNI bersama warga. (Ist)

CARINGIN – Prihatin melihat kondisi sungai Cipopokol anak Sungai Cisadane di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Caringin, puluhan anggota Koramil Ciawi yang dibantu warga, pihak Desa Maupun Kecamatan melakukan aksi pembersihan kali. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Danramil Ciawi Mayor Arm Sutrisno, yang dihadiri Camat Caringin Ramdan Firdaus, kapolsek Caringin Iptu Ketut serta sejumlah Ormas dan OKP dalam memperingati Hari Juang Kartika Ke 78 tanggal 15 desember.


Dalam kesempatan tersebut Danramil Ciawi Mayor Arm Sutrisno, mengajak seluruh masyarakat Caringin untuk menjaga alam khususnya sungai dari sampah dan plastik karena akan berdampak kepada resapan air dan kelangsungan sungai menjadi kotor.


“Kegiatan hari ini dalam rangka peringatan hari Juang Kartika Ke 78 yang digelar 15 Desember lalu, dan alhamdulillah kegiatan ini didukung oleh Polsek Caringin, Pak Camat Caringin juga ade ade pramuka, ormas dan OKP untuk melakukan pembersihan kali Cipopokol yang sangat memprihatinkan karena kotor banyaknya sampah,” kata Danramil Ciawi Mayor Arm Sutrisno kepada Pakar.


Danramil juga mengajak, semua lapisan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali atau sungai, karena sampah yang dibuang tersebut akan merusak lingkungan terutama sampah plastik. “Kenapa kegiatan ini dilaksanakan di Desa Ini karena memang kali ini sangat memprihatinkan, banyak sampah yang memenuhi kali. Makanya, sekarang kita bersihkan karena dampaknya yang akan merasakan bukan hanya yang ada hulu melainkan juga yang ada di hilir,” pintanya.


Camat Caringin Ramdan Firdaus menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas Danramil Ciawi dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Ke 78. Kegiatan bersih bersih kali lanjut Ramdan, adalah hal yang perlu ditindak lanjuti oleh warga Caringin mengingat kebersihan kali sangat penting bagi kesehatan maupun resapan air. “Kami sangat mengapresiasi dan kegiatan ini, bahkan ini bisa menjadi contoh untuk terus dilakukan oleh masyarakat maupun yang lainnya sehingga semua kali atau pun sungai di Caringin bersih dan sehat,” kata Ramdan.


Ramdan berharap, kegiatan bersih bersih sungai terus berkelanjutan sehingga menjadi contoh untuk masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. “Saya Hari kedua mulai tugas di Caringin, untuk itu saya meminta warga tidak membuat sampah ke kali maupun ke sungai, sehingga semua warga dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan,” pintanya.


Kepala Desa Pasir Muncang Yudi Wahyudin mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Koramil Ciawi, yang sudah menjadi tauladan warganya dalam kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga dampak dari kegiatan bersih bersih sungai dapat menjadi teguran bagi warga untuk tidak membuang sampah ke kali. “Kali Cipopokol ini adalah anak sungai Cisadane, dan mengalir Ke Desa Ciherang Pondok. Dan dijadikan bahan bahan baku air Baku PDAM Kota Bogor, dari kali ini sumbernya,” ujarnya. UJG
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.