Antisipasi Banjir Susulan, Warga dan Tim Relawan Diminta Tetap Waspada

Tim gabungan dan relawan saat berada di bantaran sungai Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang. Jefry | Pakar

LEUWILIANG – Hujan masih terus mengguyur di kawasan Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, maka dari itu seluruh masyarakat utamanya yang saat ini masih ada disekitaran kampung-kampung yang rawan bencana, diminta waspada dan tanpa terkecuali para relawan yang masih berada di lokasi kantung-kantung bencana.


“Hujan masih terus turun, maka kami minta semua waspada. Masyarakat waspada dan relawan pun waspada,” kata Ayah Ugi koordinator saat memimpin evaluasi kegiatan Penanggulangan Bencana di Posko Relawan di Kampung Tanjungsari.


Menurutnya, hujan yang turun sejak sore pada Sabtu 25 Juni 2022 tadi, mesti diwaspada. Maklum saja air bisa datang tiba-tiba dari hulu dan kembali terjadi banjir bandang. “Karena air dating bisa begitu cepat, makanya harus benar-benar waspada. Karena justru yang bahaya itu air yang susulan,” imbuhnya.


Untuk menghindari resiko, sambung dia, beberapa relawan yang tadi bertugas di Kampung Tanjungsari 2 yang sedang menangani pengiriman logistik untuk sementara di tarik. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan adanya banjir susulan. “Kita Tarik sementara karena memang hujan terus turun, khawatir ada banjir susulan,” tegasnya.


Sementara, vlounter YAB-FMKS Ajiz Sulaeman yang juga pengurus LPBI NU Kabupaten Bogor, mengatakan hujan masih turun di Kampung Tanjungsari 2. Dirinya bersama relawan lainnya terus memantau pergerakan kondisi terkini di semua area.
“Kita semua hari ini memantau dari Posko, jadi kalau ada laporan yang urgen bisa langsung bergerak. Kondisinya, memang hujan masih terus turun. Melalui berbagai media, kita himbau masyarakat dan para relawan yang ada di kantung-kantung bencana untuk tetap waspada,” kata Ajiz. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.