Anisha Desiliana Resti Pimpin HKTI Kota Bogor, ini Program yang Disiapkannya

Anisha Desiliana Resti, Ketua HKTI Kota Bogor. Syarif|Pakar

BOGOR – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Bogor menggelar Musyarawah Cabang dan pelantikan pengurus DPC HKTI Kota Bogor masa bakti 2021-2026 di Hotel Asana Grand Pangrango Bogor, Senin (19/4/2021). Dalam muscab tersebut, Anisha Desiliana Resti dipercaya sebagai Ketua DPC HKTI Kota Bogor masa bakti 2021-2026 secara aklamasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S Rasmana yang hadir dalam pelantikan tersebut mengatakan sebagai suatu asosiasi, HKTI harus bisa meningkatkan profesionalisme kemahiran dari para anggota dengan pelatihan, adopsi informasi, transfer skil dan transfer teknologi informasi dan pertanian. “HKTI adalah sebagai alat perjuangan petani, untuk itu mereka harus bisa berkomunikasi dengan Walikota, Wakil Walikota, dewan, TNI, Polri agar mereka betul-betul eksis,” ucap Anas.

Selain itu, lanjut Anas, HKTI juga harus memiliki program pemberdayaan. HKTI harus mampu cepat membetuk kelompok-kelompok tani dan membuat rencana-rencana kerja untuk meningkatkan produksi petani di Kota Bogor. Anas menjelaskan dengan minimnya lahan pertanian di Kota Bogor, maka dari itu DKPP Kota Bogor membuat program Bogor Berkebun atau urban farming yang memanfaatkan aspek vertikal.

“Ketahanan pangan Kota Bogor sudah aman, kita sudah di buka oleh 200 distributor, maka dari itu HKTI harus bisa memilih produk-produk yang memiliki karbohidrat tinggi,” katanya.

Sementara, ketua DPC HKTI Kota Bogor Anisha Desiliana Resti menuturkan untuk memenuhi ketahanan pangan Kota Bogor, pihaknya akan berkolaborasi dengan pemerintah untuk memastikan bahwa Kota Bogor memiliki ketahanan pangan sampai dengan tahun 2030. “Kita akan sinergiskan dari sekarang, karena Kota Bogor tidak memiliki lahan yang cukup banyak, tapi Kota Bogor memiliki IPB dan memiliki SDM yang cukup unggul dibandingkan daerah lain, jadi Kota Bogor akan menjadi hak dalam bidang pertanian,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan rakercab dan akan melakukan mapping serta akan membuat strategi untuk 5 tahun kedepan. “Setelah itu, kita menjalankan misi misi kecil untuk mencapai big goal lima tahunan,” pungkasnya. [] Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.