Anies dan Ariza Siap Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19 di DKI Jakarta

0

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengaku dirinya dan Gubernur Anies Baswedan siap menjadi orang pertama di Jakarta yang disuntik vaksin Covid-19.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerima lebih dari 39.200 dosis vaksin sinovac dari Pemerintah Pusat pekan lalu. Vaksin corona pabrikan Cina itu kini disimpan di kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebelum dipakai.

“Prinsipnya pak Anies, saya wakil gubernur siap menajdi orang pertama yang divaksin,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Mendan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2021).

Proses vaksinasi di Jakarta rencananya mulai dilaksanakan padan Kamis (14/1/2021) Kelompok pertama yang menerimanya adalah para tenaga medis yang selama ini berjibaku melawa n penularan corona. Jumlah tenaga medis di Jakarta yang bakal disuntik vaksin ini adalah 119.145 orang.

“Masing-masing daerah tanggal mulai vaksin 14 Januari 2021,” tuturnya.
Vaksin sinovac sudah telah dinyatakan lolos uji klinis dan aman untuk disuntikan ke dalam tubuh manusia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahkan telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin gratis ini.

“Pada hari ini, Senin tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency, emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Corona vax produksi Sinovac Biotech Incorporated yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam konferensi pers daring, Senin (11/1/2021).

Vaksin ini disebut tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Uji klinis vaksin ini juga telah dilakukan di beberapa negara seperti Turki dan Brazil
“Secara keseluruhan menunjukkan vaksin corona vax aman dengan kejadian efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang,” ujar Penny. MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.