Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemdes Cicadas Telusuri Penyebab Banjir

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Beben Suhendar. IST

GUNUNG PUTRI – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Beben Suhendar akhirnya angkat bicara terkait persoalan banjir yang kerap terjadi di Jalan Pancasila IV Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Senin (10/6/2024).

Beben meminta agar Pemerintah Desa Cicadas menelusuri penyebab banjir yang terjadi.

“Ya coba dari pihak Pemdes Cicadas kroscek langsung ke lapangan. Apa ada penyempitan atau ada kendala lain,” kata Beben saat ditemui pada penutupan TMMD Kecamatan Sukamakmur.

Menurut Anggota Dewan dari Fraksi Gerindra tersebut, bahwa persoalan banjir tersebut jika diakibatkan oleh penyempitan saluran DAS yang ada di dalam perusahaan sudah dipastikan itu melanggar.

“Ya kalau memang ada penyempitan DAS yang mengakibatkan banjir, terlebih penyempitan itu ada di dalam perusahaan, ya siap siap saja. Makanya harus diukur, dicek ke lapangan,” ungkapnya.

Misalkan dari hulu itu lebarnya 3 Meter, lalu di dalam perusahaan ada yang lebarnya 1 Meter. “Berarti sudah masuk dalam menghilangkan aset,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cicadas Dian Hermawan menyampaikan kekhawatirannya terkait banjir yang diduga adanya penyempitan di area perusahaan.

“Dugaan saya sih ada penyempitan di area perusahaan tertentu. Karena sampai saat ini saya juga belum mendapatkan laporan dari beberapa perusahaan terkait semplent perusahaan. Saya khawatir Irigasi/ DAS yang seharusnya menjadi kewenangan Desa, namun diclaim menjadi Aset perusahaan. Semoga saja itu tidak terjadi,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.