Anggaran Pilkada Kabupaten Bogor Naik hingga Rp200 Miliar

Ilustrasi anggaran Pilkada. IST

CIBINONG – Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) di Kabupaten Bogor naik. Dari sebelumnya telah disepakati sebesar Rp150 miliar, kini anggaran tersebut bertambah mencapai Rp200 miliaran.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan membenarkan kabar itu. Namun, kata dia, Kabupaten Bogor mendapatkan subsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk anggaran Pilkada tersebut.

“Kemarin saya sudah tandatangan dengan Gubernur dan kepala daerah se-Jawa Barat. Kalau tidak salah Rp200 miliaran untuk Bogor tapi ada subsidi dari provinsi, kita kurang lebih Rp150 miliaran. Semua Bupati sudah tandatangan di depan kpu,” ujarnya, Rabu (23/11/2023).

Sementara, Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan mengungkap, penambahan anggaran Pilkada itu naik signifikan dalam pengajuan APBD tahun 2024.

“Untuk Pilkada itu hampir Rp275 miliaran. (Dialirkan untuk) KPU, Bawaslu, sama di SKPD di kecamatan (pendukung). SKPD kan (satpol PP, DLLAJ, Kesbangpol, Sekda selaku koordinator) itu mereka,” jelas Wildan.

Namun begitu, dia belum bisa memastikan berapa pasti angka tersebut lantaran hingga saat ini Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2024 masih dibahas.

Sebelumnya diketahui, anggaran Pilkada Kabupaten Bogor telah disepakati sebesar Rp150 miliar.

Melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Pemkab Bogor menganggarkan kebutuhan tersebut secara bertahap dalam APBD 2020 dan tahun 2023 dengan rincian alokasi pertama Rp50 miliar dan kedua Rp100 miliar. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.