ANBK di Sejumlah SD Terkendala Jaringan dan Server Telekomunikasi

Pelaksanaan Assesment Nasional Basis Komputer bagi para murid di sejumlah sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Parungpanjang. Fahri | Pakar

PARUNGPANJANG – Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di seluruh Kabupaten Bogor saat ini sedang melaksanakan kegiatan Assesment Nasional Basis Komputer (ANBK).

Kegiatan ANBK diawali dari tanggal 18 sampai 21 Oktober 2021 dengan kegiatan simulasi. Selanjutnya mulai tanggal 25 hingga 28 Oktober 2021 kegiatan gladi resik ANBK.

“Yang jadi perhatian semua pihak, pelaksanaan ANBK terkendala jaringan dan server. Sehingga para siswa sebagai peserta menjadi lambat untuk menyelesaikan tugas-tugasnya,” ungkap Ujang Supriatna, Koordinator Pelayanan Pendidikan (Koryandik) Kecamatan Parungpanjang, Selasa (26/10/2021).

Ia menambahkan, dari informasi yang diterimanya, kendala jaringan dan server telekomunikasi itu tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Parungpanjang, tapi hampir di tiap kecamatan di Kabupaten Bogor.

Untuk diketahui, lanjut Ujang Supriatna, pelaksanaan ANBK bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kompetensi yang dikuasai siswa, terutama dalam hal literasi dan numerasi digitalisasi.

“Kendala jaringan dan server hampir semua pelaksana ANBK sudah faham. Untuk solusi yang disarankan ke kepala sekolah yaitu dengan menggunakan moda semi online. Sebab kalau dipaksakan dengan moda online kendala jaringan yang sulit diprediksi,” tukasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.