Aktifitas Truk Tambang Dibiarkan, Warga Kembali Protes

Terlihat truk tambang hilir mudik di wilayah Gunungsindur. (Ist)

GUNUNGSINDUR – Beberapa warga masyarakat di wilayah area jalur lintasan kendaraan angkutan tambang, kembali mengeluhkan aktivitas lalu lalang truk / kendaraan tambang yang melanggar jam operasional.

Seperti diungkapkan Is (40) seorang warga di Kecamatan Gunungsindur, yang mengaku beberapa hari lalu sempat memutar balikan kendaraan truk tronton yang melintas siang hari di jalan Atma Asnawi Desa Gunungsindur, Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor.

“Kita sebagai warga bukan melarang usaha mereka, tapi minta kesadaran para sopir, transporter dan pengusaha tambang untuk menaati Perbup dan SKB yang sudah dibuat. Jangan seenaknya terus dilanggar dan merasa didiamkan,” cetusnya.

Hal inipun diamini Yusmansyah, aktivis lingkungan yang tinggal di kecamatan tersebut. Pria yang akrab dipanggil Yus ini menegaskan, saat ini para sopir dan pengusaha truk angkutan tambang serta para pengusaha tambang seolah tidak lagi peduli adanya Perbup dan SKB.

“Truk truk tambang seenaknya saja lalu lalang siang hari. Seolah tidak adalagi itu yang namanya Perbup 120 dan SKB. Semua dilanggar, makin serampangan,” cetusnya.

Yus menilai, berbagai pelanggaran itu seolah menegaskan bahwa Perbup Bogor 120 mandul dan SKB yang dibuat antara pihak warga masyarakat serta pengusaha tambang dan transporter hanya formalitas belaka tanpa adanya implementasi di lapangan.

“Kalau begini, ngapain capek capek buat peraturan, habiskan biaya dan anggaran rapat atau membuat kajian. Percuma saja, aturan dilanggar semua diam dan tidak ada penegakan,” tandas Yus.

Keluhan soal pelanggan atas aturan jam operasional kendaraan tambang tidak hanya disampaikan warga masyarakat di Kecamatan Gunungsindur. Tapi ada pula dari Kecamatan Rumpin, Ciseeng dan Parungpanjang.

“Ya memang Perbup 120 tentang jam operasional bagi kendaraan angkutan tambang tidak berjalan alias mandul. Sudah banyak bukti di beberapa area tambang dan jalur lintasan tambang,” ucap Ketua MP3 Candra Aji. FRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.