Akibat ini, Sungai Cijantungan Meluap dan Sebabkan Banjir

Warga menunjukan lokasi meluapnya air Sungai Cijantungan yang menyebabkan banjir ke pemukiman warga. (Ist)

TENJO – Pasca hujan deras yang turun di wilayah Kecamatan Tenjo, membuat air di Sungai Cijantungeun meluap ke daerah dataran yang berada di sepanjang aliran sungai tersebut.

Selain karena faktor curah hujan yang sangat lebat, meluapnya air sungai ini juga diduga akibat adanya penyumbatan dan penyempitan aliran di hilir sungai yang menjadi pembatas Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tanggerang ini..

“Luapan air sungai Cijantungeun terjadi di wilayah Kampung Boja RW 5, Kampung Pabuaran dan Kampung Cimalang RW 08
di Desa Babakan Kecamatan Tenjo,” kata Suwardi, Kepala Desa Babakan, Selasa (7/6/2022).

Suwardi menjelaskan, luapan air dari Sungai Cijantungeun itu terjadi pada Senin sore sekitar pukul 16.00 WIB, pasca hujan deras yang mengguyur wilayah desa Babakan dan sekitarnya.

“banjir tersebut menutup jalan desa dan akses warga sehingga mengakibatkan kerusakan jalan dan tembok penahan tanah. Namun luapan air menyurut saat menjelang malam,” papar Suwardi.

Kapolsek Tenjo Iptu Suyadi SH yang di konfirmasi media ini mengatakan dalam kejadian luapan air sungai tersebut tidak sampai merendam rumah warga serta tidak ada korban luka atau korban jiwa.

“Saat ini kondisi sudah kembali normal dan kondusif. Dari laporan yang diterima, memang ada sawah milik warga yang baru ditanami terbawa arus air,” tukas Iptu Suyadi SH. FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.