Akibat Banjir, KBM di SDN Sukamanah 02 Jonggol Terancam

Terlihat puluhan siswa SDN Sukamanah 02 Jonggol melintasi lapangan sekolah yang digenangi banjir tanpa menggunakan sepatu. (Ist)

JONGGOL – SDN Sukamanah 02 menjadi lokasi banjir rutinan tiap tahun, terutama saat intensitas curah hujan yang cukup tinggi melanda diwilayah Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, pada Senin (4/12/2023).

Kepala SDN Sukamanah 02, Dadang mengatakan bahwa ada 7 ruang kelas yang kerap kali terendam banjir, meskipun tidak mengganggu aktivitas proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Betul, sekolah kita selalu terendam banjir. Malah menjadi banjir rutinan setiap tahunnya yang kedalamannya kurang lebih 30-40 cm, dan memasuki lapangan sekolah sampai ke 7 ruang kelas dan 1 ruang perpustakaan,” katanya kepada PAKAR, pada Senin 4 Desember 2023.

Ia mengungkapkan bahwa penyebab banjir tersebut dikarenakan bangunan SDN Sukamanah 02 berada diposisi bawah, sehingga debit air yang berada diatas jalan memasuki ke lingkungan sekolah.

“Penyebabnya itu dibelakang sekolah ada sawah dan salurannya tersendat. Bahkan air dari jalan raya juga masuk ke lingkungan sekolah karena memang posisi sekolah itu posisinya berada dibawah jalan raya,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa pihaknya sejak dulu telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor namun sampai saat ini belum ada titik terang untuk mengatasi masalah banjir di SDN Sukamanah 02.

“Kita pihak sekolah dari tahun 2020 sudah membuat laporan ke disdik untuk mengatasi banjir di SDN Sukamanah 02 tapi sampai sekarang banjir ini terus menggenangi sekolah kita meskipun tidak mengganggu aktivitas belajar mengajar,” imbuhnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.