Air Ciliwung Berubah Warna Akibat Proyek Bendungan, Anak-anak di Bantaran Kali Terpaksa Mandi Air Kotor

Anak-anak sedang mandi di kali Ciliwung meski air berwarna coklat. Yusman | Pakar

MEGAMENDUNG – Sejak pembangunan bendungan Ciawi dan Sukamahi dibangun, sejak saat itu kejernihan kali Ciliwung mulai berubah.

Kini air kali Ciliwung berubah warna menjadi coklat. Warga Desa Cipayung, Gadog, Kecamatan Megamendung, dan Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi yang terdampak perubahan warna air ini pun tak bisa berbuat banyak.

Nizar penjaga pintu air Cibalok mengatakan, warna air Ciliwung berubah ini disebakan aktivitas proyek bendungan Cipayung dan Sukamahi.

“Karena aktivitas pengerukan hingga pemerataan tanah terus dilakukan sejak awal proyek tersebutlah dimulai, dan sekarang masih berlangsung,” ujar Nizar, Kamis (23/9/2021).

Lanjut dia, banyak warga yang berada di sepanjang kali Ciliwung dan saluran irigasi Cibalok yang menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan kebutuhan kolam, bahkan mandi.

“Jadi dengan perubahan warna air tentunya sangat mengganggu masyarakat khususnya yang sehari-hari menggunakan air tersebut,” ucapnya.

Meski kondisi air berubah warna, namun masyarakat khususnya anak-anak masih tetap menggunakan air Ciliwung tersebut untuk mandi, seperti yang terlihat di pintu air Cibalok.

“Ya anak-anak sih gak terpengaruh dengan perubahan warna air Ciliwung ini, mereka terlihat menikmati,” terangnya.

Ia menambahkan, warna air akan berubah jernih saat memasuki pagi dini hari. “Itu pun gak lama karena pagi aktivitas pengerukan kembali dilakukan, dan air kembali berubah warna,” pungkasnya.

Sementara itu, warga yang berada di bantaran kali Ciliwung dan Cibalok tepatnya di Kampung Pandansari, Tini Suhartini mengatakan, sebelum ada proyek bendungan banyak warga di sini mandi saluran irigasi Cibalok dan Ciliwung ini.

Sekarang, karena air sudah berubah warna, warga pun tidak mau karena khawatir akan berdampak pada kesehatan kulit. “Ya sekarang sih kalau air sumur kering, atau PAM mati, bingung mau mandi dimana,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.