AHY Tanam 5 Ribu Pohon Mahoni di Ciawi

CIAWI – Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono, melakukan kunjungan ke pedesaan di kawasan kaki Gunung Pangrango Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon mahoni.


Penanaman pohon tersebut dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Bumi Sedunia serta sebagai upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. “Kita hanya memiliki satu bumi yang harus kita jaga dengan baik, karena kita bertanggung jawab tidak hanya untuk kenyamanan hidup kita sendiri, tetapi juga untuk generasi mendatang,” kata Agus Harimurti Yudhoyono, Senin (22/4/2024).


Menurutnya, warga Nusantara, termasuk di Ciawi, perlu turut serta dalam upaya mengatasi krisis iklim yang sedang terjadi di Indonesia maupun di negara lain.
Oleh karena itu, bersama masyarakat sekitar, mereka melakukan penanaman pohon mahoni sebanyak 5000 pohon.


“Indonesia harus berkontribusi sebagai warga dunia yang bertanggung jawab dalam menghadapi krisis iklim global, termasuk dalam mencapai target net zero emisi. Untuk itu, kami baru saja menanam 5000 pohon mahoni di sekitar Desa Cibedug, termasuk 4 desa lainnya yang menjadi lokasi penanaman,” jelasnya.


Selain sebagai langkah mengatasi krisis iklim, penanaman pohon juga merupakan pelaksanaan program yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Kementerian ATR/BPN, seperti redistribusi lahan HGU sebesar 251 hektare agar dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.


“Ini juga sebagai bagian dari upaya untuk mendukung kebijakan reforma agraria yang diinginkan pemerintah. Presiden Joko Widodo telah menekankan kepada kami di Kementerian ATR/BPN untuk fokus pada redistribusi tanah, termasuk di sini, di mana lahan eks HGU sebesar 251 hektare akan didistribusikan kembali kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkasnya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.