Aglomerasi Jabodetabek, Wilayah Barat Jadi Fokus Penjagaan Dishub

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Ade Yana. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Wilayah Barat Kabupaten Bogor, menjadi salah satu fokus Dinas Perhubungan (Dishub) menjaga dan mengendalikan kemacetan menjelang hari Raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Ade Yana menjelaskan, wilayah tersebut belakangan kerap kali terjadi kemacetan yang cukup panjang. Mulai dari Dramaga, hingga Leuwiliang.

“Di wilayah ini kami dirikan beberapa pos pengendalian lalu lintas. Mulai dari Laladon, Dramaga, Bahbengket, Ciampea, Cikampak, Cibungbulang, hingga jalur Leuwiliang,” ungkap Ade Yana, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya, wilayah Barat Kabupaten Bogor menjadi wilayah aglomerasi yang dimana itu terjadi karena banyak lokasi wisata di daerah tersebut.

Kata dia, wilayah aglomerasi Jabodetabek ini sangat memungkinkan terjadinya lonjakan wisatawan. Hal itu salah satunya dilatarbelakangi oleh aturan larangan mudik. Sehingga banyak masyarakat lokal yang melakukan perjalanan di dalam wilayah baik untuk mudik lokal ataupun berwisata.

“Pos pengendalian akan beroperasi hingga pasca lebaran. Karena pada saat itu masyarakat akan ramai lalu lalang,” jelas Ade Yana.

Untuk pengendalian lalu lintas ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor menerjunkan 215 personelnya. Tidak hanya ditempatkan di wilayah barat, melainkan juga di titik check point bersama petugas gabungan lainnya, dan terminal, menjalankan aturan mudik dari pemerintah.

“Total personel yang diturunkan itu 340 orang. 105 kami tempatkan di delapan titik penyekatan bersama petugas gabungan, 20 orang di terminal, dan 215 kita tempatkan untuk mengendalikan lalu lintas,” tandas Ade Yana. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.