Ade Yasin Beri Penilaian Hukum ke Mahasiswa UIKA

Bupati Bogor Ade Yasin yang juga dosen tetap, memberikan penilaian dalam praktek persidangan umum untuk kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) bagi mahasiswa UIKA Bogor. Prayoga|Pakar

BOGOR – Sejumlah mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor melakukan praktek persidangan umum untuk kasus tindak pidana korupsi (Tipikor). Spesialnya, praktek persidangan ini dihadiri oleh Bupati Bogor, Ade Yasin Munawaroh yang juga dosen tetap di Universitas Ibnu Khaldun yang berada di Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (10/6/2021).

Ade Yasin mengungkapkan masih banyak yang harus diperbaiki dalam praktek persidangan yang dilakukan para mahasiswa-mahasiswa Universitas Ibnu Khaldun.

“Tadi saya ngajar dan mengamati juga anak anak praktek, pengadilan. Tadi sudah dilaksanakan, dan Ada sedikit yang memang saya koreksi, karena ini baru latihan, maklum lah mereka belum paham betul, jadi kita betulkan. Kita koreksi, seharusnya begini begini dan begini,” ucapnya.

Menurut orang nomor satu di Tegar Beriman ini menyarankan para mahasiswa untuk mengikuti proses jalannya sidang sungguhan dari awal hingga akhir supaya mereka paham alurnya seperti apa. “Ceritanya sidang tipikor. Sidang di pengadilan, sidang kasus korupsi gitu,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum di Universitas Ibnu Khaldun, Sri Hartini menjelaskan mahasiswa-mahasiswa yang melakukan praktek persidangan adalah mahasiswa semester 8 dengan tema “Peradilan Semu”. “Disitu akan melihat kemahiran dari pada mahasiswa dari kaca mata dosen, di lihat dari jaksanya, dari hakimnya, dari pembelanya, dari saksinya,” katanya.

Saat disinggung dengan keberadaan Ade Yasin, Sri berharap sebagai dosen tetap, dia juga berhak memberikan nilai ke mata kuliah itu sendiri. Ada 12 mahasiswa yang ikut dapam praktek ini, sisanya dibagi menjadi kelompok lain, tapi itu mah nanti sama sama Ade Yasin. “Jadi itu menarik untuk ibu, karena ibu juga sudah memberikan materi tersebut. Jadi kita prakteknya,” tutupnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.