Achmad Ruyat Kecam Penyempitan Danau Lido

Aktifitas proyek di lokasi Danau Lido. Ujang | Pakar


CIGOMBONG- Terkait adanya penyempitan Danau Lido saat ini, akibat adanya aktifitas proyek pembangunan di lokasi, mendapat kecaman dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat H. Achmad Ru’yat. Ia meminta pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pihak MNC Land untuk  mempertahankan keberadaan dan kelestarian Danauyang berlokasi di wilayah Kecamatan Cigombong tersebut. Sebab, pelestarian itu agar danau tetap asri, juga sebagai penyangga air di Kaki Gunung Gede Pangrango.


“Siapapun tidak dibenarkan dan Setu sebagai penyangga air hujan harus tetap dipertahankan jangan sampai dirusak. Karena masyarakat sekitar yang akan terkena dampaknya,” kata Ahmad Ru’yat kepada Pakar.


Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut meminta pihak pemegang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yakni Pihak MNC Land, dan pihak PSDA Jawa Barat sebagai pengelolaan setu untuk. Menjaga kelestarian Danau Lido sebagai peninggalan sejarah dan cadangan air untuk warga sekitar. “Siapapun dia Mau KEK khususnya PSDA Jawa Barat berkewajiban untuk menjaganya, jangan sampai terjadi kerusakan lingkungan. Pemerintah menetapkan KEK tersebut, untuk kesejahteraan masyarakat jangan sampai kebalikannya,” ungkapnya.


Adanya dugaan pengurukan dalam pembangunan KEK dikawasan Lido dirinya menyayangkan sehingga pihaknya mendesak, untuk mengembalikan kondisi Danau Lido sebagaimana fungsi danai. “Kami sangat menyayangkan, jika benar ada pengurukan segera hentikan dan kembalikan kondisi Danau Lido sebagai fungsi resapan Air untuk kebutuhan masyarakatnya dan penyangga air Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ,” pintanya.


Seperti diberikan sebelumnya, wakil ketua DPR RI Fadli Zon menyoroti terkait penyempitan setu lido yang kini hanya tinggal 12 hektar dari semula 32 hektar. Penyempitan lahan Setu Lido itupun sempat viral di media sosial dan group WhatsApp. Warga mengeluhkan terkait dengan dugaan pengurugan akibat pembangunan hotel KEK, sehingga lahan Setu Lido semakin menyempit. Bahkan Paguyuban Masyarakat Cigombong Bersatu (PMCB) menuding Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemilik aset Setu lido, seolah tidak peduli akan kelestarian setu tersebut.

Menyikapi hal itu, Wakil ketua DPR RI dapil Kabupaten Bogor Fadli Zon ikut angkat bicara..Wakil ketua Umum Partai Gerindra Tersebut, meminta pengusaha pengelola KEK untuk memperhatikan lingkungan sehingga tidak berdampak negatif kepada keberlangsungan ke aneka ragaman hayati yang ada di danau lido. “Ya walaupun itu sudah ditetapkan Sebagai KEK, tentunya harus memperhatikan aspek lingkungan. Jangan sampai justru kebalikannya,” kata Fadli Zon usai menghadiri acara sosialisasi Prabowo Gibran di Desa Ciadeg kepada Pakar beberapa waktu lalu.


Dia menjelaskan, setu lido yang menjadi kebanggaan masyarakat Cigombong harusnya dirawat sehingga tetap asri, jangan sampai karena adanya penetapan KEK ke asrian danau tersebut bilangan dengan alasan pembangunan. “Intinya Pengusaha harus menjaga keasrian Setu Lido, yang selama ini menjadi kebanggaan warga, bahkan setu sebagai penyangga air harus di lestarikan dan dilakukan perawatan,” pintanya.


Sementara itu Ketua Paguyuban Masyarakat Cigombong Bersatu (PMCB) H. Jumhana Jeler mengatakan, kondisi setu lido kian hari kian memprihatinkan.  Selain penyempitan luas danau lido juga terjadi pendangkalan akibat sejumlah pengusaha restauran yang membuang kotoran ke setu sehingga air setu sudah tidak lagi jernih..“Untuk keberlangsungan Setu agar tetap terjaga, pihak pemerintah dari PSDA provinsi Jawa Barat jangan berpangku tangan . Harus segera turun tangan karena kondisinya memprihatinkan,” tegas H. Jeler.


Jika pemerintah provinsi jawa barat selama ini peduli dengan kelestarian setu lido yang merupakan peninggalan sejarah, seharusnya penyempitan dan pendangkalan tidak perlu terjadi. Karena lanjut dia, sebagai aset provinsi seharunya dilakukan perawatan. “Dengan kondisi seperti ini menandakan pemerintah provinsi Jawa Barat tidak hadir bahkan kami menilai tidak peduli sehingga kondisi saat ini sangat memprihatinkan,” ungkapnya. UJG
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.