Ace Sumanta Dirikan Rumah Baca, Dorong Pemkab Buka Program Rumah Pojok Baca

CIBUNGBULANG – Hobi membaca sejak dibangku sekolah, membuat budayawan Bogor, Ace Sumanta mendirikan rumah baca guna meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat. Rumah baca yang berlokasi di Kampung Nagrak, Desa Cijujung, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor ini, memiliki sejumlah buku yang sangat bermanfaat.

“Bagi siapapun apalagi mahasiswa yang membutuhkan data silahkan datang, kita bisa diskusi dan bimbingan skripsi, tesis dan disertasi yang saya carikan datanya,” ujarnya, Selasa (29/6/2021).

Rumah baca milik Ace Sumanta ini tidak dikomersilkan, apalagi memungut biaya untuk membaca dan meminjam buku. Menurutnya, hal itu merupakan cara menyalurkan hobinya sebagai pecinta buku dan sastrawan pituin Bogor. Abah Ace panggilan akrab tokoh budayawan Bogor ini telah melahirkan puluhan antologi puisi, cerita pendek, kisah toponimi, buku riset dan sejarah.

Terkadang dirinya juga diminta menjadi rujukan dan referensi bahkan narasumber ke luar daerah mengenai pengetahuan sejarah, sastra dan sosial. Bahkan dirinya dilibatkan dalam merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Karena memang saya tidak merokok dan tidak suka dengan barang yang penuh mudharat itu,” tuturnya di tengah kesibukan mempersiapkan Program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) di desanya di Cijujung, Cibungbulang.

Ketua Sanggar Satya Citra itu menginfokan, rumah baca miliknya tidak dibuka setiap hari lantaran keterbatasan orang yang menjaga. Bahkan tidak ada bayaran untuk orang yang berjaga. Dirinya juga tidak mengharapkan bantuan pemerintah. Bila perlu, rumah bacanya yang menyumbangkan buku untuk perpustakaan daerah.

Begitulah optimismenya walau di tengah keprihatinan generasi muda yang tidak suka membaca apalagi menulis terutama di wilayah perkampungan. “Saya hanya berharap ke Pemda adanya program Rumah Pojok Baca, artinya Pemda mewajibkan adanya kantong-kantong baca, sepeda baca, motor baca hingga di seluruh kantor pemerintahan,” jelasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.