Abu Bakar Ba’asyir Segera Hirup Udara Bebas

0
798

BOGOR – Sembilan tahun sudah Abu Bakar Ba’asyir menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan (Lapas) sebagai terpidana kasus terorisme. Hingga sekarang, tokoh pimpinan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) ini, masih menjalani masa hukumannya di Lapas Gunungsindur, Kabupaten Bogor.

Kabar terbaru tentang Abu Bakar Ba’asyir kembali mengemuka, karena kedatangan pengacara kondang Yusril Ihza Mahendra ke Lapas Gunungsindur, Jum’at (19/1/2019).

Dalam kunjungannya tersebut, selain akan menjadi khatib shalat Jum’at di Mesjid Lapas Gunungsindur, Yusril juga menemui dan melakukan pembicaraan dengan Abu Bakar Ba’asyir.

“Salah satu poin pembicaraan adalah pembebasan bersyarat Ustad Abu Bakar Ba’asyir dengan pertimbangan kemanusiaan,” ungkap Yusril Ihza Mahendra kepada awak media.

Penasihat hukum Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf ini menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menyetujui pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir meski masa penahanannya masih tersisa 6 tahun.

“Pembebasan bersyarat ini dengan alasan pertimbangan kemanusiaan, diantaranya karena faktor usianya yang sudah sepuh 80 tahun dan sudah beberapa kali dirujuk ke rumah sakit karena mengalami sakit parah. Pembebasan bersyarat ini juga hanya untuk berkegiatan di rumah saja,” paparnya.

Yusril Ihza Mahendra menambahkan, dalam pembicaraan itu, Abu Bakar Ba’asyir telah menyetujui berbagai syarat-syarat pembebasan dirinya tersebut.

Pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir ini, sambung Yusril, akan dilakukan dalam satu dua hari ini, setelah memenuhi semua persyaratan.

Yusril membantah jika pembebasan bersyarat Abu Bakar Ba’asyir sebagai langkah trik Jokowi untuk menarik simpati dan suara umat Islam. “Ini murni pertimbangan hukum dan pertimbangan kemanusiaan,” tandasnya.

Untuk diketahui, pendiri Pondok Pesantren Al Mu’min di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah itu divonis 15 tahun penjara atas kasus pendirian kelompok radikal di Aceh dan mendukung penuh terorisme di Indonesia. Lelaki 80 tahun itu juga pernah dipenjara 2,5 tahun terkait kasus bom Bali pada tahun 2002.

MJ. FAHRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.