872 Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Ikuti Wisuda, Ini Pesan Rektor

Sesi foto bersama disela kegiatan wisuda, kemarin. IST

BOGOR – Sebanyak 872 mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (Uika) Bogor diwisuda, di Gedung Puri Begawan Kota Bogor, Selasa (12/12/2023).

Ratusan mahasiswa tersebut, terdiri dari sarjana, magister dan doktor.

Rektor Uika Bogor, Prof. Dr. H. E. Mujahidin, M.Si mengatakan pihaknya sangat bersyukur di setiap tahunnya Uika Bogor terus menorehkan prestasi gemilang di berbagai jenjang. Baik secara level nasional maupun internasional.

Tak hanya itu, jumlah mahasiswa yang mendaftar ke Uika Bogor juga mengalami peningkatan sejak 2021 hingga 2023.

“Pada 2021, jumlah pendaftar ada 2276, kemudian di 2022 naik menjadi 2.534, selanjutnya naik lagi menjadi 3.199,” kata E. Mujahidin dalam sambutannya, Selasa (12/12/2023).

Selain itu, jumlah mahasiswa penerima beasiswa di Uika Bogor juga terus meningkat di 2023 ini. Tercatat pada tahun ini jumlah mahasiswa penerima beasiswa mencapai 959, di mana pada tahun 2021 hanya berjumlah 265.

“Alhamdulillah di tahun ini juga mahasiswa-mahasiswi kami banyak yang berprestasi. Ada yang berprestasi di level internasional sebanyak 14 orang, level nasional 39 orang, level provinsi 8 dan prestasi level regional 29 orang,” ucapnya.

E. Mujahidin mengatakan, para wisudawan telah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup, sehingga sudah seharusnya untuk menerapkan ilmu tersebut kepada masyarakat.

“Ilmu yang sudah diberikan harus digunakan sebaik mungkin agar bisa berkontribusi lebih optimal dalam meningkatkan kualitas SDM menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Selain itu pihak kampus selalu aktif mendorong mahasiswa agar bisa aktif di dunia organisasi. Lewat organisasi, mahasiswa belajar tata kelola, negosiasi, hingga ikut kompetisi diberbagai tingkat.

Apalagi saat ini sudah ada program MBKM yang membantu mahasiswa berkembang secara optimal.

“Keterampilan akademik dan non-akademik selama menjadi mahasiswa ini sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja dan dunia enterpreuner,” jelasnya.

E. Mujahidin berharap, agar ke depannya wisudawan masih akan terus belajar dan mengembangkan diri karena pengetahuan akan selalu berkembang.

Selain itu wisudawan harus tetap menjaga karakter, nilai, dan budi pekerti yang kuat. Agar bisa berkontribusi terhadap masyarakat.

“Jadilah sarjana yang memberikan pencerahan kepada masyarakat dan selalu dapat menjadi contoh yang baik di manapun kalian berada,” pesannya.

Selain itu, di setiap tahunnya Uika Bogor juga memberikan penghargaan kepada para tokoh yang telah berkontribusi memajukan Kota Bogor lewat program UIKA Award.

“Tahun ini kami memberikan dua sertifikat kepada dua tokoh di antaranya kepada Bapak Bima Arya selaku Wali Kota Bogor yang selama beliau menjabat kami nilai telah sukses memberikan kontribusi bagi kemajuan Kota Bogor dengan berbagai inovasi dengan karya inovatifnya,” ucapnya.

Pihaknya mencatat ada 368 penghargaan yang telah beliau raih, diantaranya 11 penghargaan regional, 132 penghargaan provinsi dan 20 penghargaan lainya, serta 25 penghargaan nasional dan internasional.

“Kami yakin di balik itu semua banyak pekerjaan Pemkot Bogor yang menghasilkan karya lainnya. Oleh karenanya UIKA di akhir masa jabatan beliau, memberikan penghargaan sebagai Tokoh Inovator dan Inspirator Tahun 2023,” tutupnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.