77 Desa di Kabupaten Cianjur Akan Pilkades Serentak, Catat ini Waktunya

CIANJUR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada tahun 2022 mendatang. Rencananya pesta demokrasi tingkat desa tersebut, akan dilaksanakan di 77 desa yang ada di 28 Kecamatan, se-Kabupaten Cianjur.


Kepala DPMD Kabupaten Cianjur Ahmad Daniel menjelaskan jika berdasarkan hasil pendataan, terdapat 77 jabatan kepala desa (Kades) yang habis waktunya pada 2022 mendatang. Untuk itu, harus kembali dilakukan pemilihan. “Untuk pelaksanaannya, sambil menunggu instruksi dari pak Bupati, namun kami rencanakan tahapan pilkades tersebut pada Juli 2022 yang akan datang,” kata Danial kepada wartawan, Jumat (26/3/2021).


Sedangkan untuk pelaksanaannya, kata Danial, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur masih tetap akan memberikan subsidi anggaran bagi setiap desa. Pasalnya, alokasi dananya berasal dari APBD Kabupaten Cianjur tahun pelaksanaan Pilkades. “Memang kita akan mengganggarkan dari APBD tahun 2022 sesuai Perda Nomor 11/2019. Untuk alokasi dasar dianggarkan sebesar Rp 20 juta per desa yang melaksanakan Pilkades ditambah Rp 5 ribu per jiwa dikali hak pilih,” terangnya.


Menurutnya, tahapannya sendri akan dimulai sekitar awal tahun 2022. Sesuai ketentuan 6 bulan sebelum Pilkades, tahapannya harus segera dimulai. Jika tak ada perubahan regulasi, tahapan Pilkades diawali dengan pembentukan Panitia Pilkades. Dilanjutkan dengan berbagai bimbingan teknis pembekalan para Panitia Pilkades. “Kalau pelaksanaannya Juli 2022, maka tahapan dimulai sekitar Februari 2022,”ujarnya.


Dia mengatakan nanti ada tahapan pendaftaran bakal calon, penjaringan, hingga proses penetapan bakal calon menjadi calon. Berkaitan dengan jumlah calon yang akan mencalonkan diri di Pilkades, aturan mensyaratkan minimal dua orang. “Jika hanya terdapat 1 orang calon, maka Panitia Pilkades berhak membuka kembali pendaftaran. Kalau masih saja setelah dibuka kembali pendaftaran terdapat 1 orang calon, maka akan diikutsertakan pada Pilkades berikutnya,” pungkasnya= SYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.